Suriansyah Sebut Penyaluran Dana Desa Terlambat akan Menghambat Pembangunan

Ia mengatakan keterlambatan penyaluran dana desa biasanya karena keterlambatan pengajuan permintaannya , karena disertai data yang diperlukan.

Suriansyah Sebut Penyaluran Dana Desa Terlambat akan Menghambat Pembangunan
Tribunpontianak.co.id/Ridho Panji Pradana
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah. 

PONTIANAK - Dewan Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah menanggapi terkait keterlambatan penyaluran dana desa di Kalbar tahun 2020 Pada Tahap I penyaluran dana desa di Kalbar baru disalurkan pada 38 desa yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Ia mengatakan keterlambatan penyaluran dana desa biasanya karena keterlambatan pengajuan permintaannya , karena disertai data yang diperlukan.

“Kita berharap pihak desa dan pemerintah kabupaten menyiapkan data yang diperlukan dan menyampaikan usulan pada pemerintah."

"Memang tujuan dari perubahan itu pada tahap pertama 40 persen supaya kegiatan pembangunan bisa dimulai diawal tahun kegiatan,” ujarnya pada Tribun Pontianak, Senin (24/2/2020).

Tahap I Penyaluran Dana Desa Tahun 2020 Baru Tersalurkan ke-38 Desa di Kalbar

Dengan terlambatnya penyaluran dana desa otomatis pembangunan di desa terlambat.

Keterlambatan ini umum nya disebabkan keterlambantan pihak kabupaten mengusulkan dan Kabuapten yang sudah baru Kubu Raya yang sudah jauh lebih siap.

“Tentu pihak kabupaten biasanya terlambat karena menunggu usulan dari desa yang agak lambat mungkin ini karena adanya pelantikan pilkades serentak yang memang waktunya mepet,” jelasnya.

Umumnya kepala desa terpilih baru menyusun RPJMDes dan diberi waktu enam bulan menyelesaikannya.

RKPDes itu dasarnya RPJMDes jadi umumnya karena keterlambatan tersebut makanya pihak desa agak lambat padahal seharusnya kalau belum siap RPJMDes dia RKPDes nya mengacu RPJMDes sebelumnya.

Sejauh ini penyusunan APBDes sejauh ini baru tiga kabupaten yang menyusun dan sudah mengeluarkan peraturan bupati yakni Sambas Ketapang , dan Kubu Raya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved