Hadirnya USG Portable di Puskesmas Buat Antusias Ibu Hamil Periksa Kandungan Meningkat

"Alhamdulilah tetap ramai dan ibu-ibu semakin antusias memeriksakan kehamilan mereka," ujarnya, Minggu (23/2/2020).

Valeria_aksakova
Ilustrasi Ibu Hamil 

KUBU RAYA - Semenjak hadirnya ultrasonografi (USG) Portable dan gratis ini, antusias ibu hamil di Kubu Raya pun meningkat dari sebelumnya.

Hal ini disampaikan kepala Puskesmas Sungai Raya Dalam, Yuli Herowati mengatakan dengan adanya USG portable semakin meningkatkan pelayanan di puskesmas.

"Alhamdulilah tetap ramai dan ibu-ibu semakin antusias memeriksakan kehamilan mereka," ujarnya, Minggu (23/2/2020).

Menurutnya, terobosan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dinilai sangat baik terhadap pelayanan kesehatan. Terutama dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AkI), Angka Kematian Anak (AKB) serta stunting.

Perhelatan KRTV Festival Masuki Babak Baru

"Sejak dalam kehamilan kita harus peduli sampai dengan usia anak 3 tahun atau batita. Kalo gizinya baik Insya Allah stunting akan menurun," terangnya.

Tak hanya itu, penyuluhan dan edukasi untuk ibu hamil juga diberikan, agar kesehatan ibu dan anak dapat terjaga. Serta ketika proses bersalin dapat berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Ruangan Bersalin Puskesmas Rasau Jaya, Sri Rubianti mengatakan terjadi peningkatan ibu hamil yang memeriksakan kandungannya di puskesmas.

Lebih lanjut, Sri menyebutkan, jika sebelum adanya USG portable. Pihaknya memeriksa kandungan dengan cara meraba atau manual tanpa alat bantu.

"Pelayanan kami setiap hari Selasa dan Kamis. Sekarang tingkat partisipasi ibu hamil mencapai 50 orang setiap hari itu. Membludak dibanding sebelumnya berkisar 15 hingga 20 orang," bebernya.

"Bahkan, ada ibu hamil yang ingin memeriksakan kehamilannya, setiap hari. Sehingga kami pun harus membatasi agar pelayanan dapat maksimal dengan satu alat bantu USG portable ini," terangnya.

Selain itu, ibu dua anak ini juga mengatakan dengan adanya alat USG portable ini sangat membantu layanan periksa kandungan ibu hamil. Jika sebelumnya dengan cara meraba-raba, namun kini sudah menggunakan alat digital.

"Tentunya kami di sini sangat terbantu, dan pelayanan pun lebih efisien dan efektif. Sekaligus kami bisa memberikan pemahaman kepada ibu hamil terkait kondisi kandungan yang terpantau di alat USG," pungkasnya.

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved