Gempa Sintang

Gempa Bumi Guncang Desa Sungai Deras Sintang, Kades Sebut Satu Kali Getaran 2-5 Detik

Dari surat pemberitahuan kejadian gempabumi yang dilaporkan Yefta kepada Camat Ketungau Hilir

SINTANG - Kepala Desa Sungai Deras, Yefta memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempabumi yang mengguncang desanya pada Sabtu malam kemarin.

"Dari kejadian ini tidak ada masyarakat Desa Sungai Deras yang melaporkan adanya korban jiwa ataupun kerugian lainnya," kata Yefta, Senin (24/2/2020).

Dari surat pemberitahuan kejadian gempabumi yang dilaporkan Yefta kepada Camat Ketungau Hilir, Yefta melaporkan telah terjadi getaran mirip gempabumi terjadi di Desa Sungai Deras, pada 22 Februari 2020.

Getaran dirasakan oleh warga terjadi sekitar pukul 22.37 WIB.

Pelantikan Pejabat Kubu Raya Tanpa Pemberitahuan, Dr Sukamto Nilai Aneh

"Terjadi getaran seperti gempa satu kali getaran dengan durasi kurang lebih 2-5 detik," tulis Yefta dalam laporan tertulisnya yang diterima tribun.

Kejadian ini dirasakan oleh sejumlah warga dusun di desa Sungai Deras, seperti: Dusun Gudang Garam, Dusun Lubuk Bungkang, Dusun Mungguk Kelapa, Dusun Nurkanayan, dan Dusun Sungai Rasau. "Aman, Pak," kata Yefta memastikan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, gempa yang terjadi di wilayah Kecamatan Ketungau Hilir, Sintang, berkekuatan M 3,5 terjadi pada 22 Februari 2020 malam hari pukul 22.36.59 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa lokasi episenter gempa ini terletak pada koordinat 0,58 Lintang Utara dan 111,33 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Salah seorang warga Dusun Sepan Kebantan, Desa Sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir melaporkan telah merasakan adanya guncangan gempa sekitar pukul 22.36 WIB.

Warga yang belum tidur saat itu sempat panik dan berupaya membangunkan anggota keluarga lainnya untuk segera keluar rumah.

Halaman
12
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved