Gempa Sintang

BREAKING NEWS - BMKG Benarkan Gempa Terjadi di Sintang Kalimantan Barat

Analisis dari Pusat Gempa Bumi Nasional BMKG mengindikasikan adanya gempa bumi dengan skala sangat lokal dan kurang dari Magnitudo 3 SR.

SINTANG - Terdapat informasi yang beredar di media sosial bahwa adanya getaran menyerupai gempa bumi pada malam hari sekitar pukul 22.37 WIB tanggal 22 Februari 2020 di Desa Sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang

Analisis dari Pusat Gempa Bumi Nasional BMKG mengindikasikan adanya gempa bumi dengan skala sangat lokal dan diprakirakan kurang dari Magnitudo 3 SR.

Pengamatan menunjukkan terdapat 2 Stasiun yang mencatat kejadian ini yaitu di Stasiun DBKI (Dusun Selatan, Barito Selatan, Kalteng) dan SBM (Sibu, Bukit Singgalang, Malaysia).

"Dalam sistem seiscomp3 minimal 3 stasiun mencatat baru bisa diproses untuk menghasilkam parameter gempa (magnitudo, waktu kejadian, dan lokasi)," tulis Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, Erika Mardiyanti dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/2/2020).

BMKG Rilis Getaran Bumi 15-25 Detik di Kapuas Hulu Kalbar dan Signal Sensor Gempa Bumi

Saat ini BMKG sedang membangun jaringan pendeteksi gempa bumi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan Barat.

Saat ini sudah ada 3 alat Pendeteksi gempa bumi yang aktif dan beroperasi di Kalimantan Barat, yaitu di Sintang dan Ketapang (Nanga Tayap dan Kendawangan).

Tahun 2020 ini BMKG akan membangun 7 Shelter Broadband Seismograph di Kalimantan Barat, yaitu di Kabupaten Sambas, Kabupaten Landak, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu (2 buah).

"Dengan semakin rapatnya jaringan pendeteksi gempabumi di Kalimantan Barat ini diharapkan informasi getaran atau gempa bumi di Kalimantan Barat bisa dideteksi dengan tepat, cepat dan akurat," harapnya.

Catatan gempabumi di Kabupaten Sintang sebelumnya yaitu terdapat gempabumi dengan magnitude 3,1 SR pada tanggal 27 Maret 2019 Pukul 05:40:14 WIB.

Lokasi : 0.08 LU 111.92 BT (Pusat gempa berada di darat 48.63 km Timur laut kec. Sintang), Kedalaman: 5 Km, Dirasakan (MMI) I-II.

Halaman
123
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved