Darwis Ungguli Neneng dan Calon Lain di Hasil Survei Nusakom Pratama

Hal ini berdasarkan survei yang dilaksanakan pada 22 November hingga 2 Desember 2019.

PONTIANAK - Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan oleh lembaga survei independen Nusakom Pratama terhadap 12 calon bupati yang akan bersaing pada pemilihan serentak 23 September 2020, Sebastianus Darwis mengungguli calon yang lain.

Hal ini berdasarkan survei yang dilaksanakan pada 22 November hingga 2 Desember 2019.

Direktur Eksekutif Nusakom Pratama Dr. Ari Junaedi, menjelaskan jika pihaknya menggunakan metode wawancara tatap muka kepada 810 responden yang tersebar merata di 17 kecamatan se-Kabupaten Bengkayang.

Menurut mantan Wakil Direktur Infokom Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin ini dalam acara membedah hasil survei pilkada Kabupaten Bengkayang, total responden dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Staf Khusus Presiden Megawati Soekarnoputeri (2004 - 2010) mengatakan dalam pemaparannya tingkat kepercayaan terhadap hasil survei sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 5 persen.

Nusakom Pratama Gelar Rilis Pilkada Bengkayang, OTT KPK Disebut Pengaruhi Situasi Politik

"Jika pemilihan dilaksanakan hari ini, sebanyak 21,43 persen responden menyatakan akan memilih Sebastianus Darwis. Jauh mengungguli calon-calon yang lainnya, Bisa dikatakan, Sebastianus Darwis melenggang menang tanpa pesaing berat di Pilkada Bengkayang," kata Ari Junaedi, di Hotel Golden Tulip, Jumat (21/02/2020).

Selanjutnya, peraih penghargaan Sertificate of Merit World Custom Organisation 2014 itu mengatakan dari hasil survei, adik Bupati Bengkayang yang dicokok OTT KPK Suryadman, Neneng Gidot menempati elektabilitas kedua yakni 5,71 persen dan Martinus Kajot yang memperoleh tingkat elektabilitas 3,57 persen.

Selain ketiga nama yang paling elektabel dalam Pilkada Kabupaten Bengkayang, ada 6 kandidat lainnya yang akan dipilih responden, yakni Moses Ahie 2,86 persen, Herman Ivo 2,86 persen

Kemudian Darius Banding 1,43 persen, serta Yohanes, Kristianus Anyim, dan R.E. Nyarang yang masing-masing memiliki tingkat elektabilitas 0,71 persen.

Sedangkan tiga nama lain yang turut disurvei, yakni Kompol Rurakhmad, Irwan, dan Libertus Hansen tingkat elektabilitasnya 0 persen.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved