Breaking News:

Pengamat Nilai Figur Menentukan Walau Maju Jalur Perseorangan

Saya pikir Kalbar punya pengalaman, seperti di Kubu Raya Muda Mahendrawan calon perseorangan, begitu juga Martin Rantan di Ketapang

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Madrosid
IST
Pengamat Politik Untan, Dr. Jumadi, Ph.D 

PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Jumadi, Ph.D menilai sosok figur tetap menentukan pertarungan pilkada 2020 walaupun maju jalur perseorangan.

Berikut penuturannya.

Saya pikir Kalbar punya pengalaman, seperti di Kubu Raya Muda Mahendrawan calon perseorangan, begitu juga Martin Rantan di Ketapang.

Tinggal kita lihat nanti berapa pasangan calon di tujuh Kabupaten ini yang berani maju lewat jalur perseorangan.

Untuk calon perseorangan juga tergantung figur, parpol hanya kendaraan saja, justru sudah disahkan oleh KPU, mau perseorangan atau parpol kembali lagi soal strategi.

Golkar-PKS Godok Cakada ke DPP, Pengamat Politik: Parpol Lihat Respon Masyarakat

Walaupun calon yang diusung parpol tentu punya mesin politik yang jelas, parpol punya instrumen sampai ke bawah.

Kalau perseorangan tentu harus mampu membuka jaringan baik personal maupun dengan berbagai kelompok komunitas ditengah masyarakat.

Karena problem jalur perseorangan adalah dia tidak punya struktur jaringan seperti parpol, dan hanya mengandalkan kemampuan membangun relasi politik atau relawan politik.

Maka dari itu, baik maju jalur perseorangan ataupun lewat parpol tergantung figur, bisa kita lihat Pilkada yang lalu ada jalur perseorangan yang menang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved