Wakili Pemda se-Kalimantan, Sutarmidji: Kereta Api Pilihan Tepat Menghubungkan Semua Kalimantan

Untuk Kalbar sendiri perbatasannya dengan Malaysia 972 kilometer. Lebih panjang dari Papua dan itu adalah hal luar biasa.

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bersama Juru bicara presiden, Fadjroel Rahman dan Gubernur se Kalimantan beserta anggota DPR RI dan tamu undangan foto bersama saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan tahun 2020 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, Rabu (19/2/2020). Musrenbang ini mengusung tema Membangun Kalimantan Menuju Peradaban Indonesia Baru, tema ini dipilih untuk mendukung kebijakan pemindahan ibu kota Indonesia ke provinsi Kalimantan Timur. 

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji mewakili Gubernur se-Kalimantan dalam menyampaikan aspirasi di Musrembang Regional tahun 2020.

Kalimantan Barat menjadi tuan rumah pada kegiatan Musrembang Regional Kalimantan Tahun 2020 yang diselenggarakan di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (19/2/2020).

Adapun tema pada Musrembang kali ini adalah “Membangun Kalimantan Menuju peradaban Indonesia baru” . Kegiatan ini dibuka langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Pada paparannya Sutarmidji menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi yang ada di Kalimantan saat ini.

Pemerintah Kanada Berikan Pendampingan Petani Beras Organik di Sadaniang

Adapun poin yang ia paparkan tentang gambaran umum Kalimantan mulai dari kondisi Sawit, Bauksit, Batubara, Minyak dan Gas bumi, serta perikanan.

Lalu memaparkan terkait rencana pembangunan Jalur Kereta Api di Kalimantan , percepatan pembangunan jalan Trans Kalimantan, rencana pembangunan kawasan industri, Desa Mandiri, pembangunan Politeknik Berbasis Sumber Daya Unggulan yang ada di Kalimantan dan juga kondisi listrik saat ini serta daerah ynag belum dialiri listrik.

Ia yakin bahwa Mendagri bisa menyuarakan kepentingan daerah dan optimis dengan apa yang menjadi aspirasi Pemda dan masyarakat se-Kalimantsn bisa terwujud.

Pemkab Ketapang Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Universitas Indonesia

Kalimantan merupakan wilayah yang sangat luas dan ada tiga provinsi terluas di Kalimantan yakni Kaltim, Kalteng dan Kalbar. Selain itu perbatasan yang terpanjang juga ada di Kalimantan.

Untuk Kalbar sendiri perbatasannya dengan Malaysia 972 kilometer. Lebih panjang dari Papua dan itu adalah hal luar biasa.

Kalau digabungkan Kalbar dan empat Kalimantan lainnya maka bisa menjadi penghasil CPO terbesar di Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved