Citizen Reporter

Craftulistiwa Wadah Berkumpulnya Pelaku Kreasi Seni

Bersama-sama dibawah naungan Craftulistiwa, para crafter yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat ini, setiap bulannya selalu...

TRIBUNFILE/IST
Craftulistiwa Wadah Berkumpulnya Pelaku Kreasi Seni 

CITIZEN REPORTER

Sani Safitri Sofian, Ketua Craftulistiwa

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sejak awal berdirinya 31 Januari 2016, komunitas Craftulistiwa memang betujuan menjadi wadah berkumpulnya pelaku kreasi seni khususnya kerajinan tangan di bidang kriya yang lebih difokuskan lagi kerajinan membuat tas dengan bahan dasar kain.

Tas-tas ini kemudian menjadi produk unggulan member Craftulistiwa yang hingga kini sudah berjumlah lebih dari 100 orang, untuk dijadikan mata pencaharian yang dapat membantu meningkatkan pendapatan tambahan rumahtangga masing-masing Crafter atau pelaku kreasi itu sendiri.

Bersama-sama dibawah naungan Craftulistiwa, para crafter yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat ini, setiap bulannya selalu bertemu untuk berlatih bersama dalam workshop menjahit tas.

Workshop diadakan untuk membahas model dan trend tas terbaru yang sedang diminati.

Dalam workshop ini pula praktek menjahit, belajar bersama membuat model-model taster baru tersebut diselenggarakan.

Selain workshop menjahit, Craftulistiwa juga sesekali mengundang pemateri yang dapat sharing ilmu penunjang capacity building yang dapat meningkatkan kapasitas para crafter sebagai pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dari segi marketing, pengelolaan keuangan, dan lain sebagainya agar mampu bersaing di pasarterbuka, baiksecara offline maupun online.

Kedepan, besar harapan kami dengankomunitasini para crafter Craftulistiwa bisa mendapatkan akses serta dukungan dari instansi pemerintah terkait dalam setiap langkah kecil untuk meraihsukses, hingga mampu berdiri sendiri mengelola usaha secara mandiri dan meningkatkan perekonomian rumahtangga hingga memeriahkan panggung ekonomi negara dalam kapasitasnya selaku UMKM daerah.

Tidak terasa dalam perjalannya Craftulistiwa sudah masuk tahun ke-4 bersama-sama menjalin silaturahmi berbagi ilmu dan peluangusaha.

Halaman
12
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved