410 Pemilik Plasma PT DSM Dibuatkan Rekening Bank Mandiri

Pembukaan rekening Bank Mandiri dilaksanakan di Gereja Oikumene di Dusun Bongo, Desa Ambarang

IST
Pembukaan rekening Bank Mandiri untuk pemilik kebun plasma PT DSM pada Rabu (19/20/2020). 

LANDAK - Sebanyak 410 orang pemilik kebun plasma dari 947 persil lahan di PT Daya Sumber Makmur (DSM) HPI Agro, dibukkan rekening Bank Mandiri untuk memiliki Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Rabu (19/2/2020).

Pembukaan rekening Bank Mandiri dilaksanakan di Gereja Oikumene di Dusun Bongo, Desa Ambarang, Kecamatan Ngabang dengan menghadirkan langsung petugas Bank.

Ratusan petani plasma dan pengurus koperasi yang hadir langsung dibukkan rekening, yang sebelumnya mendapatkan sosialisasi serta pemahaman dari pihak perusahaan dan Bank.

"Iya kita melaksanaan pembukaan rekening Bank Mandiri untuk pembayaran gaji hasil petani plasma via transfer, yang bernaung di Koperasi Sumber Makmur," ujar Officer CD Koperasi HPI Agro Yudi Kristanto.

Buka Tabungan Perorangan Bank Mandiri? Berikut Persyaratan yang Harus Disiapkan

Dijelaskan Yudi, apa yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut dari surat himbauan Bupati Landak, terkait pembagian hasil plasma yang harus dibayarkan via transfer.

Kemudian, tindak lanjut surat kesepakatan bersama antara pengurus Koperasi Sumber Makmur dan PT DSM pada tanggal 24 September 2019. Berikutnya, edukasi kepada masyarakat mengenai perbankan, dan dana bagi hasil yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Jadi hari ini kita di HPI khususnya PT DSM, sudah melakukan pembukaan rekening perdana, dan ini adalah yang pertama untuk di HPI Agro," jelasnya.

Dengan harapan, ke depannya tidak ada lagi peluang bagi oknum-oknum yang berniat untuk menyelewengkan dana, jika masih menggunakan sistem manual. Sesuai MoU antara koperasi dengan pihak perusahaan.

"Lahan plasmanya ada 947 persil, dengan jumlah pemilik plasma sebanyak 410 orang. Terdiri dari 190 karyawan dan 220 adalah petani plasma murni bukan karyawan," ungkap Yudi.

Sedangkan untuk potongan, ada simpanan pokok, simpanan wajib, dan fee koperasi itu sendiri yang tertuang dalam Berita Acara (BA) RAT yang diketahui oleh pemegang saham selaku pemegang tertinggi.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved