TBC Ancam Warga Sintang

Data IKS Catat 46 KK Desa Melingkat Kategori Tidak Sehat, Rudiansyah: Bukan Berarti Terjangkit TBC

Dari 153 kepala keluarga, hanya 13 KK yang dinyatakan sehat dalam status Indeks Keluarga Sehat, 95 pra sehat dan 46 KK statusnya tidak sehat.

Data IKS Catat 46 KK Desa Melingkat Kategori Tidak Sehat, Rudiansyah: Bukan Berarti Terjangkit TBC
TRIBUNPONTIANAK/Agus Pujianto
MENGADU: Dosen STIKARA Sintang, Kades Melingkat mengadu soal temuan indikasi TBC yang ditemukan mahasiswa di Desa Melingkat ke anggota DPRD Sintang dapil Kayan. 

SINTANG - Laporan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Puskemas Nanga Mau tahun 2018 Kecamatan Kayan Hilir, Sintang.

Tercatat dari 153 kepala keluarga, hanya 13 KK yang dinyatakan sehat dalam status Indeks Keluarga Sehat, 95 pra sehat dan 46 KK statusnya tidak sehat.

Menurut Rudiansyah, Dosen di STIKARA Sintang 46 kepala keluarga yang masuk dalam status IKS kategori tidak sehat tersebut, bukan berarti warganya terjangkit TBC.

41 Rumah di Desa Melingkat Diduga Penghuninya Terjangkit TBC, Langkah Penanganan Kerap Terhambat

Sebab, data itu hanya sebatas penilaian Keluarga Sehat yang ada banyak indikatornya.

“Data itu tidak berarti yang tidak sehat itu berarti sudah pasti kena TB. Itu data secara umum yang dikeluarkan pemerintah."

"Ada banyak indikatornya, merokok saja bisa dikategorikan tidak sehat, apalagi pilek batuk dan lainnya. Luas indikatornya,” ujar Rudi kepada Tribun Pontianak, Selasa (18/2/2020).

Akan tetapi, dari data itu patut dicurigai tidak menutup kemungkinan ada sebagian masyarakat yang terpapar bakteri TBC.

“Bisa sebagai yang patut dicurigai, tapi kita tidak mengatakan yang tidak sehat bukan bukan berarti kena TB,” ungkap Rudi.

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa mengungkapkan berdasarkan laporan dan data-data yang diterima pemerintah harus mengambil langkah cepat untuk menanggulangai TBC di Desa Melingkat, Kecamatan Kayan Hilir.

“Masalah ini harus segera ditangani. Ini menyangkut nyawa,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved