Breaking News:

Lirik Peranan Penting Dana BOS serta Pengorbanan Kasek & Guru, dari Utang hingga Operasional Sekolah

Karena keberadaan dana BOS ini sangatlah penting bagi keberlangsungan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Ilustrasi - Ribuan guru yang tergabung dalam PGRI Kalbar saat mendatangi Kantor Gubernur Kalbar, di Jl A Yani, Pontianak, Senin (27/6/2016) pagi. Dalam Aksi damai yang diikuti oleh ribuan guru dari berbagai kabupaten/kota se Kalbar ini mendesak pemerintah untuk segera mencairkan dana bos, serta menuntut pemerintah agar memberikan perlindungan kepada para guru dalam menjalankan tugasnya. pada kesempatan ini ribuan guru tersebut juga mendesak pemerintah segera mengangkat para guru honorer K2 menjadi PNS. T 

Sejumlah pihak sekolah mengalami kebingungan akibat adanya keterlambatan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap pertama tahun 2020 membuat.

Sekolah pun putar strategi dengan mengupayakan dana talangan baik dari uang pribadi hingga berutang ke toko yang menjadi rekanan.

Karena keberadaan dana BOS ini sangatlah penting bagi keberlangsungan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

seperti halnya yang diungkapkan Kepala SMAN 3 Sukadana Almustahar bahwa dana BOS untuk membiayai operasional sekolah dan menggaji guru honorer.

Jika terjadi keterlambatan pencairan, dirinya terpaksa mengeluarkan dana pribadi sekitar Rp 10 juta per bulan untuk membayar gaji guru honorer dan petugas security.

Menurutnya, hal yang sama juga dilakukan oleh kepala sekolah lain. Permasalahan ini selalu terjadi dari tahun ke tahun.

"Kalau untuk sekolah-sekolah lain yang lebih besar bisa sampai Rp 30 juta per bulan yang harus ditalang dengan dana pribadi kepala sekolah," kata Almustahar yang juga menjabat Ketua MKKS Kayong Utara kepada Tribun, Jumat (14/2/2020).

Di lain sisi, kata Almustahar, pihak sekolah juga terpaksa mengutang untuk membeli berbagai perlengkapan yang diperlukan sekolah.

Jatah 50 Persen Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer, Suherdiyanto: Beri Ruang Sekolah untuk Kelola

Utang baru dilunasi setelah dana BOS cair.

"Ini belum kita bicara mau UN (Ujian Nasional). Tentu masih ada kebutuhan lagi untuk membiayai UN," ujar Almustahar.

Halaman
1234
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved