Staf Khusus Menteri KLHK Dorong Promosi Rumah Betang Ensaid Gunakan Teknologi

potensi Betang Ensaid tidak kalah dengan Rumah Betang Sungai Utik yang berada di Kapuas Hulu.

Staf Khusus Menteri KLHK Dorong Promosi Rumah Betang Ensaid Gunakan Teknologi
TRIBUN PONTIANAK/Agus Pujianto
Hampir semua ibu-ibu yang tinggal di Betang Ensaid separuh waktu digunakan untuk menenun tradisional yang diwariskan secara turun temurun. Anak anak mereka sedari kecil juga diajarkan menenun.    

SINTANG - Staf Khusus Menteri Bidang Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (KLHK), Yuyu Rahayu mendorong Pemkab Sintang untuk gencar mempromosikan Betang Ensaid dan Gunung Kelam, supaya dikenal lebih luas dikancah international.

Menurut Yuyu Rahayu, potensi Betang Ensaid tidak kalah dengan Rumah Betang Sungai Utik yang berada di Kapuas Hulu.

"Potensi sudah ada, tinggal dipoles aja, tinggal dipromosikan dan dimajukan, agar dunia melihat bahwa ada sesuatu di desa ini yang harus dijaga dan dipelihara. Sungai utik lebih maju pemasarannnya," harap Yuyu.

Kembangkan Tenun, Kades akan Buat Home Industri Tenun di Betang Ensaid

Yuyu berharap UNDP melalui Kalfor Projek membantu mempromosikan Ensaid sebagaimana yang sudah dilakukan di Sungai Utik hingga mendapatkan penghargaan Equator Prize di kancah dunia "Saya kira UNDP juga bantu promosikan. Promosikan mengundnag climbing kalau perlu international, itu jadi icon, dan akan menjadi pendorong," ujarnya.

Kementrian LHK kata Yuyu sangat mengapresiasi langkah pemerintah dan masyarakat menjaga hutan dan lingkungan agar tetap lestari.

Head of Environtmen Unit dari United Nations Development Programme (UNDP), Agus Prabowo mengatakan, rencana masyarakay membuat Homystay juga didorong. Bahkan, Agus menyarankan supaya promosi potensi wisata dan budaya menggunakan teknologi.

"Homstay layak dilanjutkan, menggunakan teknologi, masuk internet, supaya informasi tidak dari mulut ke mulut, tapi dari website. Kalau sudah mendunia maka akan datang bantuan," ujar Agus. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved