Breaking News:

Pengurus DPD Apkasindo Ketapang Resmi Dilantik, Siap Bantu Sejahterakan Petani Sawit

Dewa juga menyebut kalau kehadiran Apkasindo di Ketapang sebagai wadah bagi para petani kelapa sawit untuk memperjuangkan hak-haknya.

TRIBUNPONTIANAK/NUR IMAM SATRIA
Ketua DPD Apkasindo Ketapang, Lusminto Dewa Saat Menerima Bendera Petaka dari Ketua DPW Apkasindo Kalbar, Samuel sebagai tanda resmi dilantiknya pengurus DPD Apkasindo Ketapang periode 2020 - 2025. 

KETAPANG - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Ketapang periode 2020-2025 resmi dilantik.

Pelantikan dilaksanakan langsung oleh Ketua DPW Apkasindo Kalbar, Samuel, S. Pd yang digelar di Pendopo Rumah Bupati Ketapang, Minggu (16/02/2020).

Sebelumnya DPD Apkasindo Ketapang telah melakukan musyawarah daerah (Musda) ke 2 pada, Sabtu (15/02 /2020).

Dalam Musda tersebut Lusminto Dewa terpilih secara aklamasi untuk menahkodai Apkasindo Ketapang dengan didampingi Antonius Lemen sebagai Sekretaris dan M Saufi sebagai bendahara DPD Apkasindo Ketapang.

Ribuan Pohon Kelapa Sawit Milik Warga Ditumbangkan Tanpa Ada Ganti Rugi dari Perusahaan

Dalam sambutannya, Ketua DPD Apkasindo Ketapang, Lusminto Dewa mengatakan hadirnya Apkasindo di Ketapang tidak lain ialah bertujuan untuk ikut membangun kemandirian petani kelapa sawit di Ketapang dan membantu untuk mensejahterakan petani melalui kesamaan harga komoditas sawit sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh Pemerintah.

"Tujuan kita ialah agar hasil hasil panen buah sawit petani di Kabupaten Ketapang dibeli dengan harga yang seusai dengan indeks K yang telah ditentukan oleh Pemerintah," kata Dewa sapaan akrabnya.

Dewa juga menyebut kalau kehadiran Apkasindo di Ketapang sebagai wadah bagi para petani kelapa sawit untuk memperjuangkan hak-haknya, baik persoalan terkait dengan lahan pertanian maupun persoalan yang petani lainya.

"Kuncinya dalam membangun Apkasindo kedepan agar menjadi organisasi besar yang benar benar berjuang untuk kepentingan masyarakat petani ialah dengan empat konsep dasar."

"Yakni ketulusan, kekompakan dan mekanisme dan swadaya. Jika bekerja dengan empat hal tersebut kita yakin bisa menyelesaikan persoalan persoalan petani kelapa sawit di Ketapang," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Ketapang, Martin Rantan yang hadir pada pelantikan tersebut mengatakan kalau nantinya Apkasindo Ketapang berniat untuk mendirikan pabrik kelapa sawit mini.

Halaman
12
Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved