Gandeng Enggang Drone Community, Rumah Zakat Beri Pelatihan Drone Bagi Relawan

Dimana dengan menggunakan dana infaq maka pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dari para relawan bisa dilaksanakan.

Gandeng Enggang Drone Community, Rumah Zakat Beri Pelatihan Drone Bagi Relawan
TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Suasana pelatihan Drone yang digagas oleh Rumah Zakat Kalbar, Sabtu (15/2/2020) 

PONTIANAK - Sebanyak 100 relawan dari 100 Komunitas yang ada di Kota Pontianak mengikuti pelatihan Drone yang digelar oleh Rumah Zakat Kalimantan Barat, Sabtu (15/2/2020).

Bertempat di gedung aula IKIP PGRI Pontianak, ratusan relawan terlihat sangat antusias mengikuti pemaparan dari para Pilot Drone Profesional Kalbar yang tergabung dalam Enggang Drone Comunity.

Branch Manager Rumah Zakat Kalbar Asrul Putra Nanda menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan merupakan satu di antara program rumah zakat.

Dimana dengan menggunakan dana infaq maka pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dari para relawan bisa dilaksanakan.

Rumah Zakat Pontianak Kirim Relawan dan Bantuan ke Wamena

"Kalau dana Zakat, Infak, Zakat itu ada penyalurannya masing-masing, dan zakat itu ada 8 asnaf yang menjadi penerimanya, tapi ada dana infaq, yang bisa digunakan untuk bagaimana caranya Kepemudaan, untuk peningkatan kemampuan relawan dan sebagainya, itu yang kita gunakan, dengan harapan pemuda kita bisa menjadi pemuda yang berkualitas,"ujarnya.

Kemudian, Asrul menerangkan bahwa untuk saat ini, penggunaan Drone dalam program penanggulangan bencana dari Rumah Zakat sangat penting, untuk itulah pihaknya mengadakan pelatihan ini.

"Program kebencanaan yang kita buat untuk tanggap bencana yang lebih cepat, akurat, teliti dan lainnya itu harus di dokumentasikan, dan itu Drone menjadi bagian yang terpenting untuk meliput secara menyeluruh."

"Kita bisa lihat korban bagaimana, kita bisa lihat di TKP bagaimana, bahkan untuk program peliputan kebaikan itu akan lebih unik ketika ada di atas," ujarnya.

Sebelum melaksanakan pelatihan pilot Drone, Rumah Zakat terlebih dahulu telah melakukan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, penyelamatan korban tenggelam di laut, dan pertolongan pertama korban kecelakaan di darat.

Nantinya, pihaknya juga berencana untuk menggelar pelatihan jurnalistik bagi para relawan yang ada di Kalbar. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Ferryanto
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved