Hadapi Pilkada, Bawaslu Perlukan 1.523 Panwaslu Desa

Syf Aryana, sebagai penyelenggara pemilu ataupun nanti yang akan melakukan pengawasan disemua jenjang ada pengawasnya.

PONTIANAK - Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kalbar, Syf Aryana Kaswamayana mengungkapkan jika pihaknya akan segera membuka pendaftaran untuk panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kelurahan maupun desa.

Sebelumnya, diterangkan Syf Aryana, sebagai penyelenggara pemilu ataupun nanti yang akan melakukan pengawasan disemua jenjang ada pengawasnya.

"Hari ini kita sudah membentuk Panwascam yang terdiri tiga orang dan untuk sekarang dalam proses sosialisasi untuk perekrutan panwaslu ditingkat desa atau kelurahan. Ditujuh kabupaten yang akan melaksanakan pilkada ada 1.523 orang panwaslu nantinya akan mengawasi disetiap desa atau kelurahan," ungkapnya, Jumat (14/02/2020).

Untuk sekarang, diungkapkannya masih dalam proses sosialisasi dan senin depan pada 16-22 Februari akan dibuka pendaftaran untuk siapa saja yang berminat dan berkeinginan untuk menjadi Panwaslu ditingkat desa.

Perekrutan Panwaslu Desa itu, dikatakan dia, dilakukan ditingkat Panwaslu Kecamatan. Informasinya telah disampaikan melalui website hingga kantor-kantor desa.

Panwascam Delta Pawan Buka Rekrutmen Panwaslu Kelurahan dan Desa, Berikut Persyaratnya

"Disetiap desa mempunyai satu panwaslu," katanya.

Adapun tugas dari panwaslu desa, ialah melakukan pengawasan tahapan, diantaranya ialah pendaftaran bakal calon perseorangan pada pertengahan maret.

Mengenai honorarium Panwaslu Desa sendiri, diterangkannya jika telah terakomodir dan tersusun dari awal di Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

"Untuk Panwaslu Desa minimal dianggarkan enam bulan, karena dihitung dari maret atau april, panwaslu desa selesai masa kerjanya pada oktober karena pencoblosan di september," paparnya.

Selain honorarium, ia pun mengatakan jika Bawaslu juga sudah melakukan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan kecelakaan atau meninggal dalam bekerja sampai ditingkat TPS.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved