Kubu Raya Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Tercepat Cairkan Dana Desa

Muda mengungkapkan dengan cepatnya pencairan juga dilakukan demi menghindari keterlambatan-keterlambatan.

KUBU RAYA - Kabupaten Kubu Raya menerima penghargaan sebagai kabupaten yang mencairkan sekaligus penyalur dana desa tercepat tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Barat.

Penghargaan diberikan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI. Diserahkan langsung Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji kepada Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik, Dana Desa, dan Dana BOS Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020, di Aula Kanwil DJPb Kalimantan Barat, Rabu (12/2/2020).

Muda mengungkapkan dengan cepatnya pencairan juga dilakukan demi menghindari keterlambatan-keterlambatan.

Sehingga adanya sisa lebih pembiayaan anggaran atau SILPA dapat dicegah.

Pencairan Tahap 1, Pemdes Kubu Raya Beberkan 11 Desa yang Terima Dana Desa

Terlebih pemerintah saat ini telah mengambil sikap tegas terhadap adanya SILPA.

"Takutnya banyak SILPA. Apalagi menteri keuangan sudah menegaskan, kalau terlalu banyak SILPA akan diberi sanksi. Jadi kita jangan sampai menghilangkan peluang-peluang masyarakat juga," ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kubu Raya itu menyebutkan tak hanya sekadar pencairan tercepat. Namun, diikuti pengelolaan yang harus transparan dan akuntabel. Bahkan, dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Terkait hal tersebut, Muda mengungkapkan pihaknya akan kembali menggelar penandatanganan nota kesepahaman implementasi transaksi nontunai dalam pengelolaan dana desa oleh seluruh desa di Kabupaten Kubu Raya.

"Tahun lalu baru 28 desa yang mengelola dengan sistem nontunai. Untuk tahun ini, seluruh desa di Kubu Raya akan teken MoU juga untuk pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa secara nontunai.

Secara gamblang, Muda menegaskan, efektivitas dan efisiensi penggunaan dana desa di Kabupaten Kubu Raya melalui dukungan sistem. Selain lebih memudahkan, tentunya melindungi dana yang menjadi hak masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved