Ricuh Kongres PAN 2020 Ulangan Peristiwa 2015 Silam, Penyebabnya Hampir Sama

Kericuhan yang sama sebelumnya juga pernah terjadi pada saat Kongres IV PAN yang dilangsungkan di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali pada 2015 silam.

KOMPAS.COM
Situasi Kongres IV PAN di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali (foto dokumen). 

JAKARTA – Kericuhan terjadi jelang pembukaan Kongres V Partai Amanat Nasional ( PAN) yang berlangsung di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Utara, Senin (10/2/2020) siang.

Sedianya, kongres tersebut memang akan dibuka malam ini.

Kericuhan ini terjadi lantaran adanya persoalan registrasi peserta yang memiliki hak untuk menentukan suara di dalam pemilihan ketua umum periode 2020-2025, yang turut menjadi salah satu agenda kongres.

Kericuhan yang sama sebelumnya juga pernah terjadi pada saat Kongres IV PAN yang dilangsungkan di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali pada 2015 silam.

Penyebabnya pun hampir sama, persoalan registrasi peserta kongres.

Kongres PAN Ricuh dan Ada yang Ngamuk-ngamuk, Zulkifli Hasan Ungkap Biang Kerok

Kongres PAN ke-5 Ricuh, Massa Teriakkan Ancaman Boikot di Lokasi Pendaftaran

RICUH - Arena Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara mendadak ricuh sebelum pembukaan, pada Senin (10/2/2020) malam.
RICUH - Arena Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara mendadak ricuh sebelum pembukaan, pada Senin (10/2/2020) malam. ((kompas.com/Haryantipuspasari))

Saat itu, sejumlah anggota DPW PAN Maluku Utara mempertanyakan status sejumlah peserta dalam kongres pada saat pembahasan tata tertib.

Selain itu, ada pula peserta yang sempat tidak boleh masuk ke dalam ruangan untuk mengikuti jalannya rapat.

Sementara pada kongres kali ini, kericuhan disebabkan karena panitia kongres masih membuka pendaftaran peserta kongres melebihi waktu yang telah ditentukan.

Sedianya, waktu pendaftaran dibuka antara pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

Namun, hingga pukul 14.30 WITA, proses registrasi yang dilakukan di lantai dua hotel tersebut masih dibuka panitia. Massa pun berteriak, meminta panitia kongres menutup pendaftaran.

Halaman
12
Editor: Haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved