20 Tahun Tahbisan Uskup Agustinus Agus, Bupati Landak: Dia Uskup yang Merakyat

Dilaksanakan di Star Hotel, Pontianak turut dihadiri oleh sejumlah anggota DPR RI, DPRD Provinsi Kalimantan Barat

20 Tahun Tahbisan Uskup Agustinus Agus, Bupati Landak: Dia Uskup yang Merakyat
IST
20 tahun Tahbisan Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus 

LANDAK - Perayaan tahbisan uskup Mgr Agustinus Agus Pr yang merupakan ucapan syukur atas 20 tahun tahbisan menjadi uskup di wilayah Keuskupan Agung Pontianak.

Dilaksanakan di Star Hotel, Pontianak turut dihadiri oleh sejumlah anggota DPR RI, DPRD Provinsi Kalimantan Barat, DPRD Kabupaten/Kota, para Bupati serta beberapa uskup di Indonesia dan Tokoh Masyarakat Kalimantan Barat pada Kamis (6/2/2020) malam.

Dalam sambutannya uskup Mgr Agustinus Agus Pr menyampaikan bahwa perayaan tersebut merupakan bentuk dari ucapan terima kasih kepada Tuhan atas usia yang ke 20 tahun tahbisan dirinya menjadi uskup.

"Pertama-tama kami sampaikan puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan usia ke 20 tahun tahbisan sebagai uskup. Tentu banyak rintangan yang dialami selama ini namun itu tidak membuat kami putus asa karena kita dipanggil untuk melayani umat Tuhan," ujar Mgr Agustinus Agus Pr.

Uskup Agung juga menyampaikan bahwa saat ini akan ada rencana Bapa Suci Paus Fransiskus untuk datang berkunjung ke negara Indonesia.

Mengingat Kalimantan Barat merupakan memiliki umat katolik terbanyak maka tidak menutup kemungkinan Paus Fransiskus untuk datang ke Pontianak.

Mgr Agustinus Persembahkan Misa Syukur Pembukaan Tahun Wartawan dan Pegiat Media Sosial Katolik

"Ada rencana bahwa Bapa Suci Paus Fransiskus akan datang ke Indonesia. Yang Mulia (Paus) bukan hanya datang sebagai pemimpin tertinggi dalam gereja katolik namun datang sebagai kepala negara. Oleh sebab itu, kami juga perlu dukungan pemerintah daerah untuk dalam hal ini. Semoga Bapa Suci berkenan datang mengunjungi wilayah kita," pungkasnya.

Selain mengadakan perayaan syukur 20 tahun tahbisan uskup, kegiatan ini juga sekaligus melaunching buku dengan judul “Dengarkanlah Uskupmu Agustinus Agus” yang ditulis oleh Masri Sareb Putra. Buku yang mengisahkan tentang biografi uskup Mgr Agustinus Agus Pr ini memiliki sarat akan kehidupan sang uskup.

Sementara itu Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa yang hadir dalam perayaan ini mengatakan bahwa sebagai umat katolik tentu sangat merasa memiliki kebanggan tersendiri kepada uskup Mgr. Agustinus Agus Pr. Dikarenakan Uskup Agung Pontianak ini merupakan seorang yang sangat dekat dengan masyarakat yang dapat menjadi inspirasi umat.

"Tidak banyak yang dapat menjadi seorang imam apalagi seorang uskup khususnya dari wilayah kita, dan ini pastinya memiliki kebanggan tersendiri. Kita berharap kepada orang muda katolik (OMK) kiranya dapat mengikuti jejak beliau (Uskup) karena saat ini kita sedang krisis imam," ungkap Karolin.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved