92 Calon Kades Bertarung, Ini Harapan DPRD dan Pemerintah

Hairuddin juga meminta, setiap calon kades harus mengikuti proses Pilkades sesuai dengan aturan yang berlaku.

92 Calon Kades Bertarung, Ini Harapan DPRD dan Pemerintah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ilustrasi - Polsek Pengkadan foto bersama usai memasang Time Line Pilkades serentak tahun 2020 di wilayah Kecamatan Pengkadan, Selasa (7/1/2020). 

KAPUAS HULU - 92 desa di Kapuas Hulu akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tanggal 18 Maret tahun 2020.

Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu Hairuddin, berharap demokrasi Pilkades tetap berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Untuk masyarakat di desa pilihlah kades yang mampu memimpin desa tersebut. Terpenting adalah tetap menjaga keamanan ketertiban selama Pilkades," ujarnya kepada Tribun, Kamis (6/2/2020).

Hairuddin juga meminta, setiap calon kades harus mengikuti proses Pilkades sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Biarkan masyarakat memilih dengan hati nurani, tanpa ada tekanan dan sebagainya. Tapi saya yakin masyarakat kita sudah cerdas, siapa yang harus dipilih," ucapnya.

Menurutnya, keamanan dan ketertiban sangat penting, dalam mensukseskan Pilkades tersebut. Maka sangat penting yaitu kelompok semua masyarakat baik, tokoh masyarakat, tokoh agama, penyelenggara Pilkades dan pihak lainnya, agar sama-sama menjaga keamanan.

Embaloh Hulu Kapuas Hulu Deklarasi Pilkades Damai 2020

"Kesuksesan Pilkades tergantung komitmen semua pihak, seperti calon kades, masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya. Penyelenggara tak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan semua pihak," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Alifiansyah menyatakan kegiatan Pilkades merupakan kegiatan desa. Sedangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu hanya memfasilitasi dalam pesta demokrasi di desa. "Jadi yang lainnya adalah kewenangan desa itu sendiri," ucapnya.

Sedangkan jumlah calon kepala desa yang ikut bertarung di 92 desa tahun 2020 di Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 300 orang. "Diharapkan proses Pilkades di Kapuas Hulu berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Dihimbau juga kepada seluruh masyarakat di desa yang melaksanakan Pilkades, agar sama-sama menjaga keamanan ketertiban selama pelaksanaan Pilkades. "Keamanan ketertiban tanggungjawab bersama," ungkapnya.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved