Breaking News:

Zulfydar Zaidar Mochtar Dorong Kenaikan Insentif Untuk RT

Namun dengan usulan kenaikan insentif itu, ia berharap peran RT juga meningkat terutama penyelesaian permasalahan antar warga.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Madrosid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Ketua Forum Mediasi Indonesia Kalbar, Zulfydar Zahrial Mochtar SE MM. 

PONTIANAK - Ketua Fraksi Amanat Keadilan Bangsa DPRD Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar mendorong agar ada kenaikan insentif untuk RT.

Namun dengan usulan kenaikan insentif itu, ia berharap peran RT juga meningkat terutama penyelesaian permasalahan antar warga.

"Saya pribadi Ketua Fraksi Amanat Keadilan Bangsa sedang membicarakan soal usulan kenaikan insentif untuk RT, namun tentu saat reses semua RT juga harus mengusulkan ini," kata Zul, Selasa (04/02/2020).

Penyelesaian sengketa antar warga itu, disebut Zul, berupa percecokan antara tetangga yang mestinya tidak perlu dibawa hingga ke ranah hukum.

Pemkab Sekadau Terima Rp 50 Milyar Dana Insentif Daerah, Rupinus Sebut Sebagai Reward

"Saya sekarang sedang membicarakan, menyampaikan kepada pemerintah dan instansi terkait berkaitan penyelesaian kasus yang ringan dan mestinya tidak perlu ada pelaporan di Polres, misalnya percecokan dengan warga, cukup ditingkat RT saja," kata dua.

Karena untuk menjaga stabilitas negara dalam hal ini kedamaian dan kondusifitas antara masyarakat diperlukan kerjasama semua aparat pemerintah termasuk paling bawah yakni lingkungan RT.

Namun, lanjutnya, seluruh RT harus dikumpulkan dan diberikan sosialisasi untuk penanganannya.

Cara penanganannya itulah, kata Politisi PAN ini, yang mengikutsertakan instansi terkait dalam hal ini Pemda, Kejaksaan, dan Kepolisian.

"Saya tokoh mediator sejumlah konflik didaerah di Kalbar, ada teori untuk menangani konflik cukup dengan orang yang ditokohkan didaerah tersebut, nah contohnya RT jika terjadi percecokan antar warga, dia yang menyelesaikan. Termasuk RW juga bisa," katanya.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved