Pengamat Nilai Parpol Mesti Lirik Generasi Millenial Yang Maju Pilkada

Masuknya anak muda, representasi dari kaum millenials di pilkada Bengkayang merupakan momentum penting

IST/Dok.Ireng
Pengamat Politik Kalbar, Ireng Maulana 

PONTIANAK - Satu diantara Pengamat Politik Kalbar, Ireng Maulana menilai jika dengan majunya generasi millenial di Pilkada wajib diperhatian oleh parpol.

Berikut penuturannya.

Masuknya anak muda, representasi dari kaum millenials di pilkada Bengkayang merupakan momentum penting untuk memperlihatkan bahwa dominasi politik elektoral juga milik pemimpin pemimpin muda. 

Apalagi anak muda yang ikut berlaga kelak bukan bagian dari oligarki atau dinasti politik. 

Anak-anak muda yang memiliki kesadaran tentang perjuangan politik semacam ini, yang meniti jalannya sejak dari bawah seharusnya diperebutkan parpol untuk diusung karena mereka bukan siapa-siapa namun memiliki keberanian dan gagasan untuk behadap hadapan dengan politisi-politisi senior yang lama menjadi bagian dari elite politik arus utama didaerah. 

Maju Pilkada Bengkayang, Dokter Irwanda: Profesi Dokter Bukan Halangan

Masuknya anak millenials dalam pilkada memberikan semacam suntikan optimisme bahwa panggung politik masih ramah dengan regenerasi kepemimpinan untuk masa depan. 

Seharusnya Parpol melihat potensi tersebut dan tidak hanya melulu mendahulukan kepentingan jangka pendek. 

Pemimpin-pemimpin muda ini, anak-anak millenials ini adalah investasi jangka panjang sekaligus aset yang akan menggerakan kemajuan daerah pada 10 atau 20 tahun mendatang. 

Sekarang mereka memang tidak dikenal baik dihabitat aktor politik aktor utama, namun tidak ada salahnya memberikan tempat yang luas bagi mereka untuk bertarung secara fair melawan kandidat kandidat lain yang lebih berumur dan lebih lama di politik elektoral.

Kita meyakini masuknya anak-anak muda sebagai kandidat dalam pilkada akan menjadi jaminan bahwa regenarasi kepemimpinan akan berada di tangan yang seharusnya. 

Parpol dan elite politik daerah jangan takut untuk melakukan eksperimen mengusung anak-anak muda potensial sebagai kepala daerah karena keberanian ini akan menjadi pekerjaan penting untuk memastian demokrasi kita bekerja untuk kemajuan masyarakat sesuai tantangan zaman.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved