Kunjungan Warga China ke Kalbar Meningkat 20 Persen

Imigrasi Pontianak mencatat sebanyak 84 WN China masuk menggunakan izin kunjungan melalui Bandara Internasional Supadio Pontianak dan.....

Shutterstock
Ilustrasi virus Corona 

Imigrasi Pontianak mencatat jumlah kunjungan warga negara (WN) China ke Kalimantan Barat meningkat sebanyak 20 persen sejak Januari 2020.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Pontianak Tatang Suheryadin, peningkatan terjadi karena perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang berpusat di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

"Ada peningkatan dari Januari sampai Februari ini sekitar 20 persen dari biasanya. Saya rasa, ini karena adanya kegiatan Imlek dan Cap Go Meh," kata Tatang, Senin (3/2/2020).

Tatang memastikan WN China itu telah melewati proses screening.

Mengingat, maraknya virus corona yang muncul dari Wuhan, China.

[LENGKAP] Jadwal Cap Go Meh 2020 Pontianak dan Jadwal Cap Go Meh 2020 Singkawang, Eksotisme Tatung

Imigrasi Pontianak mencatat sebanyak 84 WN China masuk menggunakan izin kunjungan melalui Bandara Internasional Supadio Pontianak dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong Sanggau.

"Mereka ini memiliki izin tinggal atau izin kunjungan selama 30 hari," ucap Tatang.

Sementara, sebanyak 50 WN China mengajukan kartu izin tinggal terbatas (kitas) untuk tinggal sementara di Kalimantan Barat.

Tanpa memerinci lebih lanjut, Tatang menyebut, jumlah WN China yang masuk menggunakan kitas menurun.

"Untuk totalnya, ada 134 warga negara China yang masuk ke Kalimantan Barat. Baik itu lewat udara (bandar udara) maupun lewat darat, PLBN Entikong Sanggau," ujar Tatang.

Halaman
123
Editor: Nasaruddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved