Jokowi Perintahkan Menkes Terawan Berkantor di Natuna Selama Observasi WNI dari Wuhan

Tidak hanya itu, Pemerintah juga menghentikan fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke Indonesia untuk warganegara Tiongkok.

AFP/RICKY PRAKOSO
Suasana kedatangan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China saat tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ‎berkantor di Natuna, Kepulauan Riau, selama proses observasi 238 WNI dari Wuhan, China.

Perintah Jokowi itu disampaikan Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, Senin (3/2/2020).

"Demi menjamin perlindungan kesehatan yang sangat ketat maka dipantau langsung Menteri Kesehatan bersama ‎tim yang diinstruksikan Presiden berkantor di Natuna," kata Fadjroel Rachman.

Selain bekerja keras mencegah meluasnya virus corona bersama di seluruh dunia, Indonesia‎ juga mendukung kerjasama secara ilmiah untuk mencari cara pengobatannya dengan ilmuwan dunia.

"Sekali lagi terimakasih atas kerjasama seluruh rakyat Indonesia. Semoga semua usaha, gotongroyong dan bahu membahu semua warga dunia ini membuat pencegahan dan pengobatan terhadap virus Corona ini berjalan efektif dan optimal," ungkap Fadjroel.

Gubernur Kalimantan Barat Larang Turis dan Pekerja asal China Masuk Kalbar Sementara Waktu

Lebih lanjut Fadjroel juga meminta seluruh warga menghargai upaya dan komitmen pemerintah dalam melindungi seluruh penduduk Indonesia secara optimal.

Dimana Presiden telah menginstruksikan semua penerbangan dari dan ke Tiongkok dihentikan (untuk sementara) mulai Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 WIB.

"Juga kepada pendatang yang tiba dari Tiongkok dan sudah berada di sana selama 14 hari, tidak diijinkan masuk dan transit di Indonesia," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Pemerintah juga menghentikan fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke Indonesia untuk warganegara Tiongkok.

"Agar lebih optimal perlindungan kesehatan seluruh penduduk Indonesia maka Presiden Joko Widodo meminta pula seluruh WNI tidak melakukan perjalanan ke Tiongkok hingga wabah virus Corona ini dinyatakan selesai oleh pihak berwenang seperti Kementerian Kesehatan dan WHO," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Perintahkan Menkes Berkantor di Natuna
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi

Editor: Nasaruddin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved