Tiga Nyawa Melayang di Perairan Kapuas Hulu, Ini Penyebabnya

tahun 2020 sudah tiga orang korban kecelakaan air di danau. Jangan sampai ada lagi terjadi seperti ini. Maka diharapkan, kewaspadaan dan kehati-hatian

IST
Petugas dan masyarakat sedang mencari korban tenggelam di Danau Kandung Suli wilayah Desa Piasak Kecamatan Selimbau, Selasa (28/1/2020). 

KAPUAS HULU, TRIBUN - Baru-baru ini kembali terjadi kecelakaan disungai dan menewaskan masyarakat di Kapuas Hulu. Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, baik sedang mengendarai kendaraan di darat maupun air atau sungai, agar tetap selalu berhati-hati.

Pada awal tahun 2020, tercatat tiga korban meninggal karena kecelakaan maupun tenggelam disungai yang ada di Kapuas Hulu.

"Memang yang namanya musibah tidak bisa kita hindarkan, tapi paling tidak kewaspadaan dan kehati-hatian harus diutamakan dalam mengendarai kendaraan, baik di darat maupun air," ujarnya, Minggu (2/2).

Tiga tahun terakhir, 2018-2020, tercatat 33 warga meninggal disungai, baik karena kecelakaan maupun tenggelam dan terkena bencana lainnya.

Nasir mengakui, sudah banyak warga Kapuas Hulu yang meninggal dunia karena kecelakaan baik di sungai maupun danau. "Ini semua akibat dari berbagaimacam faktor, sehingga timbul kecelakaan dan sebagainya," ucapnya.

Maka dari itu, Bupati mengingatkan ketika mengendarai kendaraan di sungai atau danau, utamakan keselamatan. Jangan maksa keadaan atau terlalu laju baik melewati anak sungai maupun daerah danau.

"Kita tau bersama, bahwa sudah banyak masyarakat Kapuas Hulu meninggal dunia dan masih selamat kecelakaan speed di sungai maupun daerah danau. Diharap utamakan kehati-hatian dan kewaspadaan setiap melaksanakan segala aktivitas," ungkapnya.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tanaga) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Hatta mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, terutama yang tinggal di pesisir Sungai Kapuas atau danau, supaya waspada ketika melaksanakan aktivitasnya.

"Diharapkan tidak ada lagi kecelakaan hingga memakan korban jiwa, baik di sungai Kapuas atau danau. Kewaspadaan dan kehati-hatian, dimana keselamatan harus diutamakan dalam melaksanakan aktivitas tersebut," ujarnya.

Hatta menjelaskan, tahun 2020 sudah tiga orang korban kecelakaan air di danau. Jangan sampai ada lagi terjadi seperti ini. Maka diharapkan, kewaspadaan dan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan di sungai harus diutamakan.

Halaman
12
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Syahroni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved