Korban Gigitan Ular

Pawang Ular di Kalbar Tewas Dipatok King Kobra, Terungkap Indonesia Ternyata Darurat Anti Bisa

Ketua Reptile Addict Malang (RAM), Hafid Andrian mengatakan, pemerintah harus menaruh perhatian terhadap bahaya bisa ular.

Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari
Kolase/Tribunpontianak.co.id
Pawang Ular di Kalbar Tewas Dipatok King Kobra, Terungkap Indonesia Ternyata Darurat Anti Bisa 

Pawang Ular di Kalbar Tewas Dipatok King Kobra, Terungkap Indonesia Ternyata Darurat Anti Bisa

Belum lama ini, sejumlah wilayah di Indonesia menghadapi teror ular kobra.

Hal tersebut lantaran musim panas yang berkepanjangan, sehingga udara yang panas dan lembab membuat telur-telur ular kobra menetas dengan sempurna.

Bahkan belum lama ini kemunculan ular Kobra di pemukiman warga memicu aksi pawang ular asal Kalimantan Barat yang bermaksud untuk menaklukkan reptil berbisa tersebut. 

Namun nahas aksi pawang ular bernama Norjani (70) gagal, malah ia sendiri tewas setelah digigit King kobra, di Dusun 1 Pak Utan Rt 002 Rw 001 Desa Pak Utan, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

Heboh Sepasang King Kobra Tersangkut Pagar, Terekam Video Detik-detik Menegangkan Diselamatkan Warga

Panji melalui akun instagramnya @panjipetualang_real mengungkapkan duka citanya hingga membahasnya dugaan penyebab pria Pawang Ular bernama Norjani bisa tewas setelah digigit ular 'King Kobra'.

"Jadi di Kalimantan itu ada seorang pawang yang kena gigitan ular king kobra gede, mirip Garaga, digigit ditangan kemudian meninggal,"ujarnya dilansir TribunPontianak.co.id, Minggu (2/2/2020)

Ia menganalisis dan menduga penyebab pawang Ular tersebut bisa meninggal setelah dipatuk ular dalam aksi berbahayanya bermain bersama ular dihadapan warga. 

Panji mengatakan penyebab utamanya adalah terlambatnya penanganan dalam pertolongan pertama pada Norjani setelah digigit ular.

Lantaran dari aksinya yang viral di media sosial, Norjani bahkan melanjutkan atraksinya bersama King Kobra meski sudah beberapa digigit.

 King Cobra Vs Pawang Ular di Toho Kalbar! Panji Petualang Ucap Duka Cita dan Beri Peringatan Keras

Bahkan Sosok Panji Petualang yang dikenal sebagai penakluk reptil berbisa sekaligus konten kreator YouTube Chanel @Panji Petualang sampai ikut bersuara saat itu.

"Apa penyebab pawang tersebut meninggal karena gigitan king kobra, penyebabnya adalah telatnya penanganan, jadi yang panji lihat di video yang lagi viral tersebut, kalau teman-teman viral banget di instagram, jadi ketika tergigit, orang tersebut bukan langsung sigap melakukan imobilisasi melakukan pertolongan pertama, tapi dia malah masih berkomunikasi dengan rekannya dan masih memegang ular,"ujarnya.

Panji Petualang juga membagikan tips mengatasi gigitan ular pertama kali.

Ia menyarankan bahwa untuk mengatasi gigitan ular pertama kali adalah dengan melakukan imbolisasi.

Immobilisasi adalah suatu keadaan di mana individu mengalami atau berisiko mengalami keterbatasan gerak fisik.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved