Bupati Keluarkan Perbup Gerakan Literasi Kubu Raya, Lugito: Sebagai Penguat Minat Baca di Sekolah

"Karena yang kita harapkan adalah kelas 4 hingga 6 SD serta kelas 7-9 SMP minat bacanya dapat meningkat melalui gerakan membaca-kan," ujarnya

Tribunpontianak.co.id/Septi Dwisabrina
Kepala sekolah tingkat SD dan SMP di Kubu Raya saat menghadiri gerakan inovasi literasi membaca-kan di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (30/1/2020). 

KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 3 tahun 2020 tentang gerakan literasi.

Hal demikian disampaikan, Plt Dinas Pendidikan Kubu Raya, Lugito saat memberikan kata sambutan. Menurutnya, setelah dikelurkan perbup literasi akan menjadi penguat minat baca di satuan pendidikan sekolah.

"Karena yang kita harapkan adalah kelas 4 hingga 6 SD serta kelas 7-9 SMP minat bacanya dapat meningkat melalui gerakan membaca-kan," ujarnya, Kamis (30/1/2020).

Selanjutnya, Lugito mengatakan, Dinas Pendidikan Kubu Raya akan menyerahkan modul berkaitan dengan inovasi literasi di Kubu Raya kepada sekolah tingkat SD dan SMP.

"Jika gerakan ini terus kita galakkan, tentunya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan," terangnya.

Komisi V DPRD Provinsi Kalbar Akan Tinjau Sekolah Bambu di Ketungau Tengah Kabupaten Sintang

Lugito bahkan menghimbau, setelah surat edaran berkaitan perbup tersebut di sebarkan kepada semua sekolah. Ia berharap, dapat langsung diimplementasikan dalam kegiatan ekstrakulikuler masing-masing sekolah.

"Kita akan melakukan pemantauan. Mulai dari dinas pendidikan, pengawas, kepala sekolah hingga guru di sekolah itu sendiri," imbuhnya.

Lugito juga mengingatkan kepada lebih kurang lima ratus kepala sekolah di SD dan SMP Kabupaten Kubu Raya. Setiap 3 bulan, melalukan tahap evaluasi berkaitan dengan program tersebut dam dilaporkan kepada dinas pendidikan.

"Agar kita tahu, sekolah mana saja yang belum berjalan maksimal dan sudah maksimal (gerakan inovasi literasi membaca-kan)," pungkasnya.

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved