40 Buah Musiman Dipamerkan di Festival Buah Lokal

Festival yang bertemakan Eksotika Buah Khatulistiwa digelar mulai tanggal 31 Januari hingga 2 Februari 2020.

40 Buah Musiman Dipamerkan di Festival Buah Lokal
TRIBUN PONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Sebanyak 40 jenis buah lokal Kalimantan Barat ditampilkan pada Festival Buah-buahan Lokal yang digelar Pemkot Pontianak melalui Disporapar Kota Pontianak di Taman Alun Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (31/1/2020) siang. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menuturkan festival yang pertama kali digelar ini, menampilkan buah yang berasal dari hutan, sehingga jarang dan bahkan tidak ada dijual di pasaran. 

PONTIANAK - Sebanyak 40 jenis buah-buahan lokal asal Kota Pontianak dan Provinsi Kalbar ditampilkan pada Festival Buah-buahan Lokal yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak di Taman Alun Kapuas, Jumat (31/1/2020). 

Festival yang bertemakan Eksotika Buah Khatulistiwa digelar mulai tanggal 31 Januari hingga 2 Februari 2020.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menuturkan, festival buah-buahan ini pertama kalinya digelar di Pontianak dalam rangkaian event Pontianak City Run yang akan digelar Minggu (2/2/2020) mendatang. 

FOTO: Pemkot Pontianak Gelar Festival Buah Lokal di Taman Alun Kapuas

Festival ini bertepatan di saat Pontianak memasuki musim buah-buahan. Buah-buahan yang ditampilkan tersebut berasal dari hutan yang jarang dan bahkan tidak ada dijual di pasaran. 

"Ini menunjukkan kita ingin mengangkat potensi buah lokal melalui pentas buah lokal dan internasional," ujar Edi Kamtono.

Edi Kamtono menyebutkan, pada saat panen buah serempak diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi petani.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata bagi wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. 

Dalam festival, berbagai perlombaan digelar diantaranya perlombaan buah unik dan langka, seni mengukir buah dan sebagainya. 

"Buah-buahan hutan menjadi salah satu yang menarik dalam festival ini sebab buah-buahan khas dari Kalbar tersebut jarang didengar dan dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Dirinya berharap melalui festival buah, masyarakat bisa terus membudidayakan buah-buahan lokal.

XL Axiata Dukung Ajang Half Marthon di Pontianak

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved