Pemkab Kayong Utara Terima Penghargaan Indriyana Mandrawa dari LAPAN

Pemkab Kayong Utara, karena telah memanfaatkan data dari LAPAN untuk dimanfaatkan dalam pembangunan yang ada di KKU.

Pemkab Kayong Utara Terima Penghargaan Indriyana Mandrawa dari LAPAN
TRIBUNPONTIANAK/ADELBERTUS CAHYONO
Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani menerima Penghargaan Indriyana Mandrawa dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jakarta, Selasa (28/1/2020). 

KAYONG UTARA - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara kembali menerima Penghargaan Indriyana Mandrawa dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Penghargaan yang diterima Sekretaris Daerah Hilaria Yusnani, diserahkan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN sebagai Pengguna Data Penginderaan Jauh Terbaik Tahun 2019 dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Antariksa Nasional tentang Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh.

Menurut Hilaria, penghargaan ini sebagai apresiasi LAPAN kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara, karena telah memanfaatkan data dari LAPAN untuk dimanfaatkan dalam pembangunan yang ada di KKU.

Kunjungi BPAA-LAPAN Pontianak, Mahasiswa IKIP PGRI Pelajari Litbangyasa LAPAN

“KKU sangat berterima kasih dan terbantu dari pemanfaatan data penginderaan jauh ini, salah satu pemanfaatannya adalah penyelesaian batas desa, penyusunan Tata Ruang dan Rencana Detail Tata Ruang, penyusunan database toponimi dan rupa bumi, penyusunan data aset daerah, penyusunan data lahan pertanian dan perkebunan, suksesi Sail Selat Karimata, dan penyusunan rencana pembangunan Bandara Sukadana,” kata Hilaria dalam siaran pers Humas Sekretariat Daerah Kayong Utara, Kamis (30/1/2020).

Hilaria melanjutkan, hal yang telah dilaksanakan ini masih belum maksimal untuk pembangunan Kayong Utara.

Karena itu berdasarkan arahan dan dukungan Bupati Kayong Utara, Pemkab Kayong Utara masih sangat membutuhkan data penginderaan jauh, untuk memaksimalkan pemanfaatan ini dimulai dengan melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Kita memulai peningkatan kapasitas SDM dengan pelatihan bersama LAPAN yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-7 Februari ini, untuk staf teknis OPD KKU, dan pada tanggal 9-20 Maret mendatang untuk staf teknis desa," ujar Hilaria.

Kabupaten Kayong Utara berencana melakukan pembangunan dengan mendorong pemaksimalan data penginderaan jauh, implementasi dari kebijakan ini diantaranya melakukan digitalisasi data informasi kependudukan, perpajakan, BPJS, kawasan kumuh dan permukiman, data jalan, penyusunan tata ruang desa dan profil desa, Pembutan Digitalisasi dan Aplikasi Potensi Penagkapan Ikan di KKU, Penyusunan Data Sarana dan Prasarana Perhubungan dan Lampu Jalan.

Program ini secara bertahap akan disosialisasikan dan digalakkan selaras dengan dimaksimalkannya kapasitas SDM melalui Bimtek Lapan dan Pendampingan dari OPD. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved