Sosialisasi Tiga Perda Provinsi Kalbar, Askiman: Jangan Sampai Masyarakat Ada yang Tidak Tahu

Askiman mengatakan, walaupun Perda ini merupakan konsideran dan kewenangan Pemerintah Provinsi

Sosialisasi Tiga Perda Provinsi Kalbar, Askiman: Jangan Sampai Masyarakat Ada yang Tidak Tahu
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Syukur
DAMPINGI WABUP: Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mendampingi Wakil Bupati Sintang, Askiman melaunching lelang perdana paket pekerjaan tahun anggaran 2020. 

SINTANG - Tiga Peraturan Daerah (Perda) Pemprov Kalbar disosialisasikan di Kabupaten Sintang. Mulai dari Perda rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pengelolaan kehutanan dan perda tentang pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Menurut Wakil Bupati Sintang, Askiman menyebut sosialisasi tiga Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalbar ini sangat penting, karena ini merupakan PERDA baru yang telah ditetapkan, sehingga Pemkab Sintang harus mengetahui secara utuh apa isi dan tujuan Perda.

Askiman mengatakan, walaupun Perda ini merupakan konsideran dan kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, diharapkan Pemkab Sintang dapat mengetahui tugas-tugasnya.

"Paling tidak seperti tugas administratif, rekomendasi, yang berkaitan degnan monitoring, pengendalian, pengawasan, dan tanggungjawab di wilayah Kabupaten Sintang," ungkap Askiman.

DPRD Kalbar Sosialisasikan Tiga Perda di Kabupaten Sanggau

Selain pemerintah, dengan adanya Perda baru masyarakat juga perlu mengetahui, termasuk juga pelaku usaha yang bergerak dibidang kehutanan, lingkungan dan pertambangan agar mematauhi ketentuan Perda. "Sehingga didalam penerapan dan pelaksanaannya tidak adalagi yang bingung bahkan jangan sampai ada masyarakat yang tidak mengetahui aturan ini," jelasnya.

Adapun Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat yang dibahas ada tiga antara lain: Perda nomor. 7 Tahun 2019 yang mengatur tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat; Perda nomor. 8 Tahun 2019 yang mengatur tentang Pengelolaan Kehutanan, dan Perda Nomor. 9 tahun 2019 yang mengatur tentang pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved