Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Beri Materi di Pertemuan Pastor Keuskupan Agung Pontianak

Mgr Agustinus Agus, berharap dengan hari studi ini para peserta yang hadir semakin menemukan berbagai peluang untuk memperkuat persaudaraan antarumat

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Beri Materi di Pertemuan Pastor Keuskupan Agung Pontianak
IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak
PASTORES - Peserta Temu Pastores yang diselenggarakan Keuskupan Agung Pontianak pada 27 Januari 2010 hingga 30 Januari 2020. 

Citizen Reporter

Oleh: SAMUEL | Staf Komisi Komsos Keuskupan Agung Pontianak

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Beri Materi di Pertemuan Pastor Keuskupan Agung Pontianak
PONTIANAK - Keuskupan Agung Pontianak menggelar kegiatan Temu Pastores. Kegiatan ini digelar pada 27 Januari 2020 hingga 30 Januari 2020.

Selama empat hari, Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus bersama para imam atau pastor se-Keuskupan Agung Agung menyelenggarakan Temu Pastores atau disingkat TePas. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Immaculata SFIC, Jl AR Hakim Pontianak No 104.

Dalam satu tahun TePas atau temu Pastores ini diadakan dua kali oleh Keuskupan Agung Pontianak dengan tujuan agar para pastor di Keuskupan Agung Pontianak bisa belajar bersama tentang berbagai hal dan aneka topik pastoral aktual yang sudah diagendakan dalam hari studi bersama.

PASTORES - Suasana Temu Pastores yang diselenggarakan Keuskupan Agung Pontianak pada 27 Januari 2010 hingga 30 Januari 2020.
PASTORES - Suasana Temu Pastores yang diselenggarakan Keuskupan Agung Pontianak pada 27 Januari 2010 hingga 30 Januari 2020. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Hari studi Temu Pastores kali ini mengangkat topik "Perdamaian Insani untuk Indonesia Damai." Topik ini sengaja dipilih oleh Uskup Agustinus Agus sebagai tindak lanjut dari hari Studi Sidang KWI 2019 lalu di Bandung. Topik ini akan mendalami isi dari Dokumen Abu Dhabi yang ditandatangani Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar, Ahmed el-Tayeb pada 4 Februari 2019 lalu.

Untuk mendalami topik tersebut, pada Selasa (28/1/2020) dihadirkan tokoh dari kalangan Islam yaitu Prof Dr Nazaruddin Umar. Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta tersebut banyak berbicara tentang topik cinta kasih.

PASTORES - Peserta Temu Pastores yang diselenggarakan Keuskupan Agung Pontianak pada 27 Januari 2010 hingga 30 Januari 2020.
PASTORES - Peserta Temu Pastores yang diselenggarakan Keuskupan Agung Pontianak pada 27 Januari 2010 hingga 30 Januari 2020. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Dihadirkan pula Islamologi Katolik, Mgr Christophorus Tri Harson yang merupakan Uskup Purwokerto. Uskup yang baru ditunjuk oleh Tahta Suci Vatikan pada 14 Juli 2018 tersebut berbicara mengenai, "Dialog adalah Keunggulan dari Gereja Katolik."

Pada kegiatan tersebut, panitia juga telah mengundang ormas-ormas Katolik, para Bruder, Suster, Frater, PMKRI, dan juga para pendeta dari Agama Kristen untuk ikut mendalam isi dokumen Abu Dhabi ini.

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, berharap dengan hari studi ini para peserta yang hadir semakin menemukan berbagai peluang untuk memperkuat persaudaraan antarumat manusia, khusus di Kalimantan Barat terutama di Keuskupan Agung Pontianak.

Halaman
12
Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved