Aron Bakal Lawan Rupinus, Pengamat: Pilkada Sekadau Cukup Kompetitif

Namun saya meyakini para bakal calon yang akan maju sudah mempunyai tolak ukur paling tidak survei internal untuk menjadi barometer.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Dr. Jumadi 

PONTIANAK - Satu diantara pengamat politik Untan, Jumadi, Ph.D menilai jika pilkada 2020 di Sekadau akan cukup kompetitif.

Hal ini menyusul sejumlah parpol yang menyatakan dukungan untuk mengusung nama Aron untuk bersaing dengan petahana Rupinus.

Berikut penuturannya.

Aron berani maju tentu sudah ada kalkulasi, paling tidak barometer yang digunakan sebagai hitungan politik.

Misalnya menjadi menjadi anggota dewan, walaupun tidak juga bisa menjadi ukuran kekuatan utama karena pilkada tentu berbeda dengan pileg.

Aron Jadi Lawan Rupinus di Pilkada Sekadau, NasDem Sebut akan Mengusung

Paling tidak keberanian itu juga karena ada partai lain diluar Demokrat yang kemudian berani berkoalisi mendukung Aron seperti NasDem dan Gerindra.

Untuk Pilkada Sekadau, berdasarkan beberapa kali pengalaman umumnya akan lebih dari tiga calon yang maju, kebetulan saya juga pernah menjadi tim perumus dan panelis debat di Pilkada Sekadau.

Pilkada di Sekadau kali ini saya lihat cukup kompetitif, artinya petahana tidak bisa menganggap remeh pendatang baru, tapi tentu seperti Aron dan lainnya yang ingin maju juga perlu kerja keras.

Ikan Asam Pedas Pontianak Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda, Ini Harapan Edi Kamtono

Namun saya meyakini para bakal calon yang akan maju sudah mempunyai tolak ukur paling tidak survei internal untuk menjadi barometer.

Pengalaman untuk NasDem, umumnya sangat realitis dalam mengusung bakal calon, dia tidak perduli kader atau diluar kader, namun yabg terpenting calon mampu membangun komunikasi dan umumnya berdasarkan survei.

Soal ada parpol yang berani mengeluarkan statment bahkan secara formal bentuk dukungan atau parpol dibelakang hari baru mengumumkan menurut saya soal prosedur, soal mekanisme pengambilan keputusan dan kehati-hatian partai untuk menentukan pasangan calon.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved