STIK Muhammadiyah Pontianak Sosialisasi Program Inovasi Keluarga Bermain Bersama Anak

Menurut Cau bahwa bermain itu tidak memerlukan biaya yang mahal yang penting anak merasa senang bersama orang tua.

STIK Muhammadiyah Pontianak Sosialisasi Program Inovasi Keluarga Bermain Bersama Anak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama usai Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak menggelar kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah PAUD Merdeka Desa Sungai Radak Dua Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya, Minggu (26/1/2020). 

PONTIANAK - Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak sukses menggelar kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah PAUD Merdeka Desa Sungai Radak Dua Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya, Minggu (26/1/2020).

Kegiatan ini dilakukan oleh Cau Kim Jiu beserta Tim dari STIK Muhammadiyah Pontianak.

Cau Kim Jiu mengatakan bermain itu penting dan sangat bermanfaat untuk pembelajaran dan perkembangan otak anak karena bermain dapat menstimulasi perkembangan anak terutama perkembangan kognitif, keterampilan sosial dan emosional anak.

"Bermain yang dilakukan oleh orang tua bersama anak dapat meningkatkan hubungan emosional dan kedekatan fisik antara orang tua dan anak. Kedekatan tersebut akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak," ujarnya.

Dosen STIK Muhammadiyah Pontianak Ajak Lansia Senam Sehat dan Pendidikan Kesehatan

Selain itu manfaat bermain bagi anak dapat meningkatkan kreativitas anak, perkembangan bahasa, keterampilan fisik, kognitif, maupun emosional.

Ia mengatakan Kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi orang tua perlunya meluangkan waktu bersama anak dirumah di tengah-tengah kesibukan orang tua dalam bekerja.

Program bermain bersama anak atau BERANAK ini waktunya fleksibel sesuai dengan ketersediaan waktu orang tua dan program ini menitik beratkan pada kualitas waktu bersama anak.

"Beberapa permainan yang dapat orang tua lakukan bersama anak seperti bernyanyi bersama anak, bermain peran, menemani anak belajar sambil, membaca dongeng atau cerita sebelum anak tidur. Tentunya permainan ini disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak," jelasnya.

Menurut Cau bahwa bermain itu tidak memerlukan biaya yang mahal yang penting anak merasa senang bersama orang tua.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 45 menit diawali dengan perkenalan peserta dan narasumber, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Program Beranak.

Sekitar 30 peserta yang terdiri dari orang tua dan guru PAUD menghadiri kegiatan ini.

Selain penyampaian materi peserta juga diajarkan beberapa permainan edukasi yang bisa diterapkan bersama anak.

Menurut salah satu ibu yang mengikuti kegiatan ini, Mirna mengatakan program ini sangat bermanfaat bagi orang tua dalam mendidik anak agar dapat memilih permainan yang sesuai serta pentingnya meluangkan waktu bersama anak. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved