Bupati Jarot Minta Dewan Pengawas Perumda PDAM Tirta Senentang Cermat Dengarkan Keluhan Masyarakat

Dewas harus lebih tajam melihat dan lebih cermat mendengar keluhan masyarakat terhadap perumda air minum Tirta Senentang.

Tribunpontianak.co.id/Agus Pujianto
Jarot Winarno, Bupati Sintang 

SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno meminta Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Senentang Kabupaten Sintang harus mengawal dan memastikan agar Perumda air minum dapat menerapkan konsep Good Vorporate Governance.

"Dewas harus lebih tajam melihat dan lebih cermat mendengar keluhan masyarakat terhadap perumda air minum Tirta Senentang. Kemudian mampu mengelola input itu untuk membangun dinamika yang konstruktif bagi seluruh jajaran direksi PDAM dalam merespon secara tepat," pesan Jarot.

Menurut Jarot, dewan pengawas merupakan salah satu unsur dalam kepengurusan perumda air minum, yang ikut menentukan kinerja yang optimal dari perumda air minum tirta senentang.

"Saya berharap agar dewas dapat ikut mendorong kemajuan perumda air minum tirta senentang dimasa depan, bekerja secara optimal dan mampu memberikan dukungan dan kontribusi positif bagi pencapaian target RPJMD dalam penyediaan air minum," harap Jarot.

Jarot menjelaskan, penyediaan air bersih yang berkelanjutan telah menjadi komitmen global yang tertuang dalam sustainable development goals, khususnya pada tujuan ke 6 yang didalamnya terdapat 8 target yang diukur melalui 40 indikator.

Gelar Open House Tahun Baru Imlek, Herry Kin Harap Singkawang Lebih Hebat di Tahun Tikus Logam

“Target-target tersebut terdiri dari akses terhadap air minum layak, akses terhadap sanitasi layak, kualitas air dan limbah, serta pemanfaatan, pengelolaan dan pelestarian sumber daya air," bebernya.

Atas dasar itu, maka pemerintah kabupaten sintang meletakan prioritas pembangunan daerah pada penyediaan air minum.

Berbagai upaya telah kita lakukan agar masyarakat mendapat akses air bersih dan layak minum yang semakin optimal.

Masih lanjut Jarot, bahwa Indikatornya dapat dilihat dari jumlah pelanggan PDAM Tirta Senentang ditahun 2016 memiliki pelanggan sebanyak 5.480 pelanggan dan diakhir tahun 2019 berhasil meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 7.628 pelanggan.

"Tren yang positif ini patut kita disyukuri, meskipun target yang diharapkan yaitu mencapai diatas 10 ribu pelanggan atau mencapai 6,6% dari total penduduk. Saya berharap adanya peningkatan kinerja PDAM Tirta Senentang sesuai target cakupan pelayanan air minum di kabupaten sintang tahun 2021," jelas Jarot Winarno.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved