Peringatan Dini BMKG, Kalbar Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Periode 24-26 Januari

Masyarakat diminta waspada terhadap dampak bencana alam karena hujan berintensitas lebat diprakirakan akan mengguyur wilayah Indonesia sepekan.

Peringatan Dini BMKG, Kalbar Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Periode 24-26 Januari
TRIBUNPONTIANAK/Agus Pujianto
DIGUYUR HUJAN: Seorang warga melintas menggunakan payung. Hujan dengan intensitas lebat mengguyur Sintang pada awal tahun 2020 pada Rabu (01/01/2019) sore. Peringatan Dini BMKG, Kalbar Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Periode 24-26 Januari. 

Masyarakat diminta waspada terhadap dampak bencana alam karena hujan berintensitas lebat diprakirakan akan mengguyur wilayah Indonesia sepekan ke depan.

Disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), Drs R Mulyono R Prabowo MSc, bahwa imbauan tersebut berdasarkan analisis sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020.

Sirkulasi siklonik tersebut akan menyebabkan terbentuknya pola korvergensi atau pertemuan angin, serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam rilis resmi yang dikeluarkan BMKG.

Salju di Tabuk Arab Saudi, BMKG Sebut Bukti Nyata Dampak Perubahan Iklim

Gempa Bumi Guncang Kupang dan Papua, Berikut Penjelasan BMKG

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat dan kemungkinan dapat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi di wilayah berikut:

Periode 24-26 Januari 2020

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

Halaman
1234
Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved