Launching Teh Bornoe, Bupati Jarot Yakin Kalbar Bisa Jadi Penghasil Teh Terbaik

Menurut Jarot, Teh merupakan komoditi yang sangat diminati semua orang, baik tua maupun muda.

Launching Teh Bornoe, Bupati Jarot Yakin Kalbar Bisa Jadi Penghasil Teh Terbaik
IST/Dok.Faisal
Bupati Sintang, Jarot Winarno memegang pucuk daun teh di lahan deplot pembibitan teh di Desa Pengkadang Baru, Kecamatan Dedai.  

SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno meluncurkan Teh Bornoe di Desa Pengkadan Baru, Kecamatan Dedai, pada Kamis sore kemarin. Jarot optimis, kedepan jika kebun teh diperluas, Kalbar bisa menjadi penghasil teh borneo terbaik.

Menurut Jarot, Teh merupakan komoditi yang sangat diminati semua orang, baik tua maupun muda. Sebab, teh bisa masuk di semua kalangan masyarakat.

“Dulu teh hanya bisa hidup di dataran tinggi seperti Pulau Sumatra dan Jawa Barat, cuaca yang dingin. Sekarang kita coba kembangkan di kalimantan dan ternyata teh bisa ditanam di dataran rendah seperti di Sintang,” ungkap Jarot.

Rakorkab Sensus Penduduk 2020, Bupati Sintang Jarot: Data Penting untuk Tentukan Arah Kebijakan

Selain di Desa Pengkadan Baru, deplot teh dataran rendah juga ditanam di Sepulut, Sepauk. Di rumah kopi milik Jarot di Kelam Permai pun ada tanam teh.

“Kita sudah buktikan, ternyata bisa tumbuh dan masuk katagori bagus. Ternyata bisa tumbuh dalam waktu yang lebih singkat,bahkan tanaman teh di sepulut bisa di panen dalam usia 3 tahun,” ujarnya.

Sejauh ini kata Jarot, Ekonomi yang extraktif saja  yang di ekploitasi sumber daya alam seperti karet dan sawit saja, bukan Ekonomi yang lebih kreatif, seperti seperti teh, kakau dan daun sengkubag, sehingga kita lebih kreatif.

“Karena teh yang di kembangkan ini berbasis Kelompok Tani,sehinga pengelolaannya lebih baik lagi. Mari kita kembangkan, kita bikin Demplot pembibitan teh yang lebih besar lagi, kita perluas kebun kita sehingga Kalimantan Barat penghasil Teh Borneo terbaik,” ajak Jarot. 

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved