Ibu Kota Negara Pindah, Yohanes Rumpak Ingin Kalbar Jadi Kawasan Ekonomi Seperti Jabar

Terlebih, ia mengatakan jika Kalbar sendiri mempunyai akses dari Kapuas Hulu Kalbar yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara baru.

Ibu Kota Negara Pindah, Yohanes Rumpak Ingin Kalbar Jadi Kawasan Ekonomi Seperti Jabar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/AGUS PUJIANTO
Yohanes Rumpak, Anggota DPRD Kalbar 

PONTIANAK - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalbar, Yohanes Rumpak mendorong agar Kalbar dapat menjadi kawasan ekonomi khusus seperti Jawa Barat.

Menurutnya, dorongan tersebut dilakukan guna menunjang Ibu Kota Negara (IKN) baru nantinya yang akan berpindah ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Saya mendorong harusnya Kalbar menjadi kawasan ekonomi khusus, dan diprogramkan seperti Jawa Barat karena akan menjadi penunjang ataupun pendukung ibu kota negara yang baru," katanya, Jumat (24/01/2020).

Terlebih, ia mengatakan jika Kalbar sendiri mempunyai akses dari Kapuas Hulu Kalbar yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara baru.

Selain itu pun, lanjutnya, Presiden Jokowi pernah memaparkan jika Indonesia memiliki 1,4 juta pegawai negeri sipil pusat.

Jarot Winarno hingga Yohanes Rumpak Daftar ke PKB Sintang Pilkada 2020

Apabila digabung dengan keluarganya, maka akan ada sekitar 6-7 juta orang yang akan pindah ke Ibu Kota Negara baru.

"Pak Jokowi mengatakan akan ada 7 juta orang pindah ke Kalimantan, kalau ada 7 juta orang pindah ke sini maka kebutuhan akan beras, sandang dan pangan, ikan, dan segala macam menjadi kurang," katanya.

"Sehingga jika Kalbar khususnya kawasan timur bisa mensupport semua kebutuhan dari ibu kota negara baru termasuk menjadi peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh," tambah Rumpak.

Bahkan, lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, dengan kawasan ekonomi khusus secara tidak langsung membantu pembangunan infrastruktur Kalbar.

"Dengan pembangunan kawasan ekonomi khusus akan sekaligus memecah permasalahan infrastruktur yang kita alami selama ini," pungkasnya.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved