AWAS! Segera Hapus 30 Aplikasi Android Ini, Bisa 'Curi' Data Pengguna secara Diam-diam

Untuk menghindari adanya tindakan yang dapat merugikan ini, bagi Anda pengguna Android sebaiknya tidak menginstal 30 Aplikasi Kamera ini

AWAS! Segera Hapus 30 Aplikasi Android Ini, Bisa 'Curi' Data Pengguna secara Diam-diam
ILUSTRASI 

Meski Google Play Store merupakan platform resmi penyedia aplikasi untuk pengguna Android, nyatanya tak menutup kemungkinan masih ada sejumlah aplikasi yang dapat merugikan penggunanya.

Menurut laporan terbaru dari CyberNews, ada sederet aplikasi populer di Google Play Store yang ternyata dapat mencuri data-data milik pengguna.

Sebagian besar adalah aplikasi kamera yang kerap digunakan untuk mempercantik hasil jepretan.

Bahkan tak sedikit aplikasi yang meminta lebih dari 7 izin akses perangkat milik pengguna.

Aplikasi tersebut meminta sejumlah izin untuk mengakses mikrofon guna merekam suara, melacak lokasi pengguna, akses untuk membaca status ponsel, dll.

Dihimpun KompasTekno dari 91Mobiles, Jumat (24/1/2020), Cybernews mencatat, setidaknya ada 30 aplikasi yang secara diam-diam mengumpulkan data pengguna, menampilkan iklan berbahaya dan mengarahkan pengguna ke halaman phishing.

Tak hanya itu, beberapa aplikasi dalam daftar tersebut juga dapat mengaktifkan kamera smartphone tanpa sepengetahuan pengguna.

Aplikasi itu juga dapat mengirimkan tautan berisi konten asusila tanpa izin.

Dalam laporannya, Cybernews menjelaskan bahwa 30 aplikasi itu telah diunduh oleh 1,4 miliar pengguna Android di seluruh dunia.

Bahkan salah satu aplikasi yang sangat populer yaitu Meitu diketahui tetap mempertahankan aplikasinya lantaran memiliki lebih dari 300 juta unduhan.

Halaman
1234
Editor: Rizky Zulham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved