5.000 Blangko KTP Tersedia, Bupati Landak Harapkan Pencetakan Lancar

Salah satunya pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP dengan cepat, tepat, responsif dan bertanggung jawab.

5.000 Blangko KTP Tersedia, Bupati Landak Harapkan Pencetakan Lancar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Kepala Disdukcapil Landak Drs Alexius Asnanda MSi memantau Pelayanan di Disdukcapil Landak. 

LANDAK - Sebanyak 5.000 keping blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah tersedia di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Landak kini sudah masuk dalam tahap pencetakan.

Ketersediaan blangko tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Landak Alessius Asnanda.

Ia mengatakan bahwa pihaknya hanya mendapat 5.000 blangko meski sudah mengusulkan sebanyak 5.523 keping.

"Kita sudah mengusulkan sebanyak 5.523 keping dari jumlah keseluruhan 6.523 e-KTP yang harus dicetak tetapi kita bersyukur sudah diberikan sebanyak 5.000, karena ini yang paling banyak dari biasanya," ungkap Alessius pada Jumat (24/1/2020).

Cara Mudah Ganti KTP-El Rusak

Dirinya menambahkan bahwa meningkatnya perekaman elektronik KTP (e-KTP) mengingat kewajiban tersebut harus dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia tak terkecuali warga Kabupaten Landak.

"Dari data yang kita miliki bahwa untuk Kabupaten Landak wajib KTP sejumlah 279.481 orang, sudah melakukan perekaman sebanyak 248.026 orang, sedangkan yang belum rekam e-KTP masih sebanyak 31.455 orang. Dari semua itu penduduk kita sudah memiliki e-KTP sebanyak 244.144 orang," jelasnya.

Sedangkan untuk memperlancar pelayanan tersebut, Alessius mengatakan Disdukcapil terus berupaya membuat strategi dan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Landak.

Salah satunya pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP dengan cepat, tepat, responsif dan bertanggung jawab.

"Banyak terobosan inovasi yang kita buat selama ini yaitu degan melaksanakan pelayanan sesuai dasar pelayanan publik seperti mempercepat pelayanan yang bisa selesai dalam satu jam bahkan dapat ditunggu, melayani dengan ramah, murah senyum, empaty, peduli dengan kesulitan masyarakat serta memperhatikan sendi sendi aturan pelayanan," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan terobosan ke depan dengan merancang sistem SMS GATEWAY, dengan harapan sistem ini nantinya mempermudah layanan adminduk masyarakat misalnya foto berkas melalui handphone kemudian dikirim lewat email atau nomor seluler ataupun aplikasi via WhatsApp layanan adminduk yang nantinya tim adminduk akan langsung menindaklanjutinya.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved