Yohanes Rumpak Pastikan Maju Pilkada 2020 di Sintang

Hal ini diungkapkannya usai timnya yang berada di Sintang melakukan pendaftaran ke PKB.

Yohanes Rumpak Pastikan Maju Pilkada 2020 di Sintang
Istimewa/dok.Marselina Evy
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Rumpak berbincang dengan warga saat meninjau ruas jalan Sintang- Semubuk. 

PONTIANAK - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalbar, Yohanes Rumpak yang juga merupakan politisi dari PDI Perjuangan mengungkapkan komitmennya untuk maju pada Pilkada 2020 di Sintang.

Hal ini diungkapkannya usai timnya yang berada di Sintang melakukan pendaftaran ke PKB.

"Bahwa benar saya didaftarkan oleh tim pemenangan rakyat jelata, yang memang tim saya masih solid, dorongan tim ini memang sebenarnya sudah lama tetapi kali ini mereka langsung mengambil tindakan," kata Yohanes Rumpak, Kamis (23/01/2020) kepada Tribun.

Rumpak pun menjelaskan, jika dirinya juga akan segera mendaftar ke parpol lainnya untuk maju di Pilkada Sintang ini.

"Kebetulan saya masih di Pontianak, tetapi nanti akan saya tindaklanjuti ke PKB dan beberapa partai lainnya yang masih ada pembukaan. Diinternal PDI Perjuangan saya juga sudah mendaftar," tuturnya.

Pengamat Wanti-Wanti Balon Petahana Pilkada 2020, Survei Belum Diatas 50 Persen

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan untuk DPRD Kalbar ini pun menjelaskan, langkah mantap dirinya maju karena melihat respon positif masyarakat.

"Respon lapangan ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi, kita coba jawab dengan mendaftar ke partai-partai politik.
Kita melihat dinamika politik selanjutnya, hubungan dari berbagai parpol dan kita membutuhkan dukungan dari para ketua kita dan harus mendapat restu," jelasnya.

Walaupun diakui oleh Yohanes Rumpak, jika sampai dengan saat ini, ia belum mendapat restu dari keluarga besar.

"Sejauh ini saya juga belun mendapat restu dari keluarga besar, termasuk istri belum dapat izin, tetapi kita lihat proses berjalan sampai pendaftaran resmi di KPU," ujarnya.

"Kita akan ikuti terus dinamika politik ini secara menyeluruh dan tentu PDI Perjuangan di Sintang pasti akan bertarung. Sebagai kader kita harus menyatakan siap untuk bertarung," tambah Rumpak.

Lebih lanjut, dikatakannya jika dengan maju Pilkada 2020 ini tentu tidak mengurangi komitmen pada konstituen yang telah menghantarkannya di parlemen.

"Komitmen dengan masyarakat sama sekali tidak perlu diragukan, kita tetap bekerja melalui mekanisme partai, karena kita maju pasti ditugaskan partai. Tetapi ada tugas partai yang kebetulan saya pengurus DPD, yang saya tetap meminta mengurus konstituen yang memilih saya pada pileg kemarin," paparnya.

Bahkan, jika pun harus mundur dari DPRD, Rumpak mengatakan dirinya siap karena jika memang telah intruksi dari partai.

"Saya berharap pada prolegnas, penyusunan UU Pemilu, kita berharap apabila anggota dewan maju di Pilkada tidak mundur tapi cuti, tapi jika pun tidak, kita siap dengan segala konsekuensi, jika partai sudah menugaskan, apapun kita kerjakan," pungkasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved