Komitmen Tingkatkan PAD, Muhamad Pagi Minta Perusahaan Terbuka pada Pemerintah

seharusnya perusahaaan seperti KKJ yang sudah beroperasi sejak 2015 ini mampu memberikan kontribusi bagi daerah

Komitmen Tingkatkan PAD, Muhamad Pagi Minta Perusahaan Terbuka pada Pemerintah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi menghadiri Sidang Paripurna di Kantor DPRD Mempawah belum lama ini. 

MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten Mempawah terus berupaya meningkatkan PAD dari berbagai sektor termasuk dari perusahaan yang beroperasi di Mempawah. Satu diantaranya PT Kalimantan kelapa Jaya di Desa Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh. 

Wakil Bupati Mempawah, Muhamad Pagi, mengatakan KKJ yang sudah beroperasi cukup lama ini harus memberikan kontribusi pada daerah.

"Kita ingin mengetahui Perkembangan dan pelaksaan perusahaan di Kabupaten Mempawah apa yang telah dilakukan dan diberikan kepada masyarajat maupun pemerintah. Termasuk kendala yang dihadapi perushaan tersebut," ujarMuhammad Pagi.

VIDEO: Amankan Imlek dan Cap Go Meh, Polres Kerahkan 2/3 Pasukan

Muhammad Pagi menegaskan, seharusnya perusahaaan seperti KKJ yang sudah beroperasi sejak 2015 ini mampu memberikan kontribusi bagi daerah. Ia mengatakan perusahaan juga harus terbuka pada pemerintah daerah

"Perusahaan harus terbuka terkait jumlah tenaga kerja dan upah, dan apakah karyawan sudah masuk BPJS kalau belum masukan karena itu tanggung jawab. Kemuidan CSR juga arahnya kemana dan manfaatnya kemana, maka harus terbuka sehingga kita bisa bantu," tutur Muhammad Pagi.

Kemudian perusahaan yang sedang melakukan pengembangan ini diharapkan olehnya juga tertib administrasi. 

"Nah kan ada pengembangan IMB nya sudah diurus pengembangan pembangunan, kemudian pajaknya apakah sudah dibayar sesuai aturan," lanjutnya.

Dan yang terpenting menurut Wakil Bupati hubungan antara masyarakat dengan pihak perusahaan. 

"Kemudian menjaga hubungan dengan masyarakat terutama limbah, karena semakin besar perusahaan tentu semakin banyak dampaknya nanti," jelas Muhammad Pagi.

Pimpinan PT.KKJ, Hendrik menjelaskan, sejak beroperasi pada 2014 lalu, pihak perusahaan berkomitmen untuk mendukung kemajuan Kabupaten Mempawah. Termasuk diantaranya penyediaan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. 

"Saat ini jumlah pekerja kami tercatat sudah mencapai 1.429 orang, jumlah itu bisa terus bertambah, karena kami berencana terus mengembangkan perusahaan," katanya.

Dimana ia mengatakan akan mengembangkan perusahaan hingga 2025 mendatang. 

"Untuk progres perkembangan perusahaan, saat ini sudah memiliki pabrik yang memiliki kapasitas produksi 200 ton produk olahan kelapa perharinya. Untuk tahun 2020 ini, kami akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi 300 ton perhari," papar Hendrik.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved