PDIP Tegaskan Usung Rupinus-Aloysius, Pengamat Politik: Rekam Jejak!

Terlebih jika memang dianggap masih mumpuni dan duet dari pasangan ini cukup baik dari sisi hubungan komunikasi yang selama ini.

PDIP Tegaskan Usung Rupinus-Aloysius, Pengamat Politik: Rekam Jejak!
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Pengamat Politik Untan Yulius Yohanes 

News Analysis
Pengamat Politik Untan
Dr. Yulius Yohanes

PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes menilai rekam jejak menjadikan satu diantara indikator PDI Perjuangan berani mengusung Rupinus-Aloysius secara terang-terangan lebih awal.

Berikut penuturannya.

Dari hasil penjajakan ketua DPD PDIP Kalbar Bapak Lasarus S.sos M.Si sekaligus sebagai Ketua Komisi V DPR RI terkait dengan persiapan pilkada 2020 di Kalbar apakah sebagai bupati atau wakil bupati memerlukan langkah dan strategi yang akurat.

Diperlukan survei dan penjajakan di wilayah Kalbar yang tahun 2020 ini ada 7 kabupaten pilkada karena kondisi dan situasinya berbeda-beda dari karakteristik masyarakat, sosial budaya, historis dan lain-lainnya.

Lasarus Pastikan PDIP Usung Rupinus-Aloysius di Pilkada Sekadau

Diperlukan mencari figur yang betul-betul dapat dijual baik itu terkait dengan figur, karakter, kepekaan sosial calon maupun kematangan emosional dan lain-lain yang dapat di jual ke masyarakat pemilih masing-masing daerah.

Strategi yang baik dilakukan oleh Ketua DPD PDIP Lasarus S.sos Msi untuk tidak mengumumkan siapa calon dari PDIP apakah dari kader atau di luar kader dimasing-masing Kabupaten di Kalbar yang akan diusung, karena targetnya harus menang maka parpol tidak terikat hanya pada kader.

Artinya kalau dari kader yang tidak memenuhi kriteria dari hasil survei internal PDIP untuk di usung sebagai calon di Pilkada serentak 2020 maka sangat obyektif sekali parpol menunjuk calon untuk di usung di Pilkada 2020 diluar kader.

Ketika Ketua DPD PDIP Kalbar menetapkan mengusung pasangan inkamben yakni Rupinus dan Aloysius karena pertimbangan dari hasil survei internal partai tentuk baik.

Terlebih jika memang dianggap masih mumpuni dan duet dari pasangan ini cukup baik dari sisi hubungan komunikasi yang selama ini, serta dilakukan secara transparan dan akuntabilitas baik sesama pasangan maupun dengan masyarakat yang ada di kabupaten Sekadau.

Dan tentu hal ini juga dari suara-suara dari masyarakat Sekadau, sehingga membuat Ketua DPD PDIP Kalbar Lasarus S. Sos M.Si berani mengeluarkan statment PDIP akan mengusung pasangan Rupinus-Aloysius sebagai bakal calon pasangan di Pilkada 2020 di Sekadau.

Meskipun Rupinus bukan kader dari PDIP tetapi Rupinus maupun Aloysius memiliki rekam jejak yang cukup baik dari kepemimpinan beliau di pemerintahan maupun dimasyarakat Kabupaten Sekadau.

Tentu hal ini akan membuat kemungkinan besar Rupinus di minta oleh PDIP untuk menjadi kader partai PDIP di Kab Sekadau ketika beliau tidak lagi menjadi kader Demokrat. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved