Perbedaan Kesultanan Selaco Tasikmalaya dengan Keraton Agung Sejagat Purworejo dan Sunda Empire

Kesultanan Selaco Tasikmalaya membantah pihaknya memiliki kemiripan dengan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire.

TribunMataram Kolase/ KOMPAS.COM
Perbedaan Kesultanan Selaco Tasikmalaya dengan Keraton Agung Sejagat Purworejo dan Sunda Empire 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kesultanan Selaco Tasikmalaya membantah pihaknya memiliki kemiripan dengan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire.

Pihak Kesultanan Selaco Tasikmalaya membuktikan diri telah mendapatkan pengakuan dari Kemenkumham hingga PBB.

Selama muncul di wilayah Parung Ponteng, Kabupaten Tasikmalaya, sejak 2004 silam, hingga saat ini tidak pernah ada laporan kegiatan yang meresahkan dari masyarakat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Tanggapi Viral Sunda Empire, Mantan Kapolda Jabar Paparkan Analisa

HEBOH Kesultanan Selaco alias Selacau Tunggul Rahayu Tasikmalaya, Mengaku Keturunan Raja Padjadjaran

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Piping Novianti, Sabtu (18/1/2020).

"Sejak 2004 lalu muncul, kesultanan yang didirikan Raden Rohidin Patra Kusumah (40) ini ternyata tak terdaftar di Kesbangpol," kata Piping Novianti, saat ditemui di kantornya, Sabtu (18/1/2020).

Kepala Seksi Kewaspadaan Kantor Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya Pipit memberikan keterangan terkait berkas administrasi Kesultanan Selaco atau Selacau Tunggul Rahayu, Sabtu (18/1/2020).(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)
Kepala Seksi Kewaspadaan Kantor Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya Pipit memberikan keterangan terkait berkas administrasi Kesultanan Selaco atau Selacau Tunggul Rahayu, Sabtu (18/1/2020).(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA) ()

"Walaupun demikian, Polsif (Police Selaco International Federation) terdaftar di Kesbangpol sebagai perkumpulan yang terdaftar juga ada akta notaris dan berbadan hukum dari KemenkumHAM, serta berkas surat-surat dari PBB," jelas Piping.

Ajakan mendirikan Daerah Istimewa Provinsi Priangan

Lembaganya selama ini terdaftar di kita sebagai perkumpulan. Namun nama Kesultanannya memang belum terdaftar di Kesbangpol.

Meski demikian, sampai sekarang pihaknya belum pernah mendapati laporan dari masyarakat bahwa aktivitas kesultanan ini meresahkan mereka.

"Hanya saja pernah satu kali beberapa tahun lalu ada laporan masyarakat soal spanduk yang bertulisan ajakan mendirikan Daerah Istimewa Provinsi Priangan," katanya. 

"Setelah berkordinasi dan dikaji bersama dengan instansi terkait lainnya, jadi spanduk itu kita turunkan. Tetapi tak ada reaksi apapun dari pihak kesultananan."

Foto-foto keberadaan Kesultanan Selaco alias Selacau Tunggul Rahayu di Parung Ponten Kabupaten Tasikmalaya
Foto-foto keberadaan Kesultanan Selaco alias Selacau Tunggul Rahayu di Parung Ponten Kabupaten Tasikmalaya ()
Halaman
1234
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved