Berikan Pendidikan Politik, Komisi I DPRD Kalbar Dorong Peningkatan Anggaran Kesbangpol

Terlebih, ia menilai program yang dipaparkan cukup baik dan hanya perlu dukungan kongkrit dari pihak yang mengambil kebijakan.

Berikan Pendidikan Politik, Komisi I DPRD Kalbar Dorong Peningkatan Anggaran Kesbangpol
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Angeline Fremalco
Komisi I DPRD Kalbar saat menggelar rapat kerja dengan Kesbangpol Provinsi Kalbar, Jumat (17/01/2020). 

PONTIANAK - DPRD Provinsi Kalbar berharap Kesbangpol dapat terus meningkatkan kinerjanya terutama memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

DPRD Provinsi pun berkomitmen untuk menggodok agar ada peningkatan anggaran pada Kesbangpol Provinsi agar dapat bekerja semaksimal mungkin.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Ketua DPRD Kalbar, Sy Amin Muhammad saat rapat kerja dengan Komisi I dan Kesbangpol Provinsi Kalbar, Jumat (17/01/2020).

"Saya lihat program-program untuk kebangsaan, pembinaan anak muda, dan terkait persatuan dan kesatuan cukup banyak dengan nada yang sangat minim nampaknya perlu dorongan dari Provinsi untuk kedepannya," kata Sy Amin.

Angeline Fremalco Pastikan Komisi I Terus Dorong Pemekaran di Kalbar

Terlebih, ia menilai program yang dipaparkan cukup baik dan hanya perlu dukungan kongkrit dari pihak yang mengambil kebijakan.

"Saya lihat tentang kepemudaan, pancasila, politik, pemerintah pusat juga sudah cukup besar untuk menganggarkan itu, sehingga kami sangat mendukung agar dapat mengatasi terkotak-kotaknya masyarakat," jelasnya.

"Disitu juga ada program pendidikan politik, sehingga agar saat menghadapi pemilu tidak ada ketakutan yang muncul dimasyarakat," timpal politisi NasDem ini.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kalbar, Angeline Fremalco mengungkapkan jika pihaknya akan berusaha menggodok agar adanya peningkatan anggaran untuk Kesbangpol.

"Sebenarnya Kesbangpol punya peranan yang penting, cuma memang menyedihkan anggarannya kecil hanya Rp. 8 M, sehingga kedepannya kita akan komunikasikan dan berharap ada penambahan anggaran," katanya.

Kesbangpol sendiri, menurut Angeline juga telah mempunya program untuk pembinaan pemuda, mahasiswa hingga masyarakat untuk berbangsa dan negara serta berpolitik santun.

"Banyak program yang sebetulnya perlu didukung, ini yang sebetulnya mendapat perhatian lebih, jangan sampai ada anggapan yang ada di Kesbangpol orang tidak penting, padahal sangat penting," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tentu komisi I akan menyampaikan hal ini ke Gubernur dan akan dibahas di DPRD.

"Kita akan berikan perhatian lebih pada Kesbangpol ini, karena penanaman ideologi dan pancasila pada akhirnya untuk kesatuan Indonesia," tuturnya.

Termasuk agar kedepan Kesbangpol dapat merangkul ormas-ormas yang ada agar tidak kemudian menimbulkan keresahan dan hal yang kurang baik. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved