Penyelundupan Satwa Dilindungi

TNI AL Cegat Kapal Selundupkan Puluhan Satwa Dilindungi di Sungai Kapuas, Ada Anjing Siberia

Adapun berbagai jenis hewan yang diamankan antara lain burung kakak tua jambul kuning sebanyak tujuh ekor

TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Konfrensi pers keberhasilan KAL Lemukutan Lantamal XII Pontianak dalam penggagalan upaya Penyelundupan Satwa dilindungi, Rabu (15/1/2020). 

Personil Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) Lemukutan Lantamal XII Pontianak menggagalkan upaya penyelundupan berbagai hewan diindungi yang dimuat di KM Bahari 11 di Sungai Kapuas Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (15/1/2020).

Saat kejadian, KM Bahari 11 sedang berlayar di perairan Sungai Kapuas.

Adapun berbagai jenis hewan yang diamankan antara lain burung kakak tua jambul kuning sebanyak tujuh ekor, burung kakak tua jambul merah empat ekor.

Burung nuri hijau satu ekor, burung nuri hitam kecil empat ekor, anak kanguru satu ekor, ular sanca kuning 11 ekor, ular berwarna biru delapan ekor, kadal lidah hijau 27 ekor, kura-kura 13 ekor, anjing siberian husky satu ekor, dan anjing cihuahua satu ekor.

Puluhan satwa ini diangkut menggunakan kapal berukuran 685 GT dengan jumlah ABK sebanyak 14 orang.

Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi, pada saat konferensi pers di Lantamal XII Pontianak menjelaskan bahwa penangkapan ini bermula dari adanya informasi dari intelejen TNI AL serta masyarakat.

BREAKING NEWS - KAL Lemukutan Gagalkan Penyelundupan Satwa Dilindungi, Kakak Tua hingga Kanguru

Informasi tersebut menyebutkan pada Rabu (15/1) terdapat paket kiriman berbagai jenis hewan yang dilindungi datang dari Jakarta menuju Pontianak menggunakan sebuah kapal barang.

Kemudian, pada pagi hari sekira pukul 09.00, KAL Lemukutan melakukan pencegatan terhadap kapal tersebut di alur Sungai Kapuas.

"Tadi pagi, unsur kami yakni KAL Lemukutan melakukan pemeriksaan terhadap terhadap KM Bahari 11. Kapal ini berangkat dari Jakarta, menuju ke Pontianak," ujar Danlantamal.

Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap dokumen dan berbagai barang bawaan, ternyata didapati berbagai hewan-hewan yang di dilindungi di atas kapal tersebut tanpa dokumen.

Halaman
12
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved