LDII Kalbar Dorong Bank Kalbar Syariah Segera Spin Off

Selain itu berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/10/PBI/2009, seluruh UUS sudah harus menjadi BUS pada tahun 2023.

LDII Kalbar Dorong Bank Kalbar Syariah Segera Spin Off
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Susanto
Ketua LDII Kalbar, Susanto. 

PONTIANAK - Menjamin pertumbuhan keuangan syariah di Kalbar, Lembaga Dakwah Islam Indonesia mendorong Bank Kalbar Unit Usaha Syariah (UUS) segera spin off menjadi Bank Umum Syariah (BUS).

"Unit Usaha Syariah Bank Kalbar kira mendorong untuk segera spin off menjadi bank umum. Bahkan rekomendasi Rakerwil LDII Kalbar awal tahun lalu mendorong langkah ini," ujar Ketua LDII Kalbar, Susanto, Rabu (15/1/2020).

Diakuinya literasi keuangan syariah di kalangan masyarakat masih sangat kecil namun ada tren positif untuk tumbuh. 

"Secara institusi, LDII mengkampanyekan agar seluruh warga LDII dalam bermuamalah menggunakan prinsip syariah. Maka langkah ini bisa berdampak bagi pertumbuhan keuangan syariah di Kalbar," ujar Susanto.

Fokus Persiapkan Generasi, LDII Sintang Gelar Raker PPG

Kesadaran kolektif untuk menggunakan konsep syariah sudah mulai tumbuh, namun belum tersedianya lembaga keuangan syariah berbasis perbankan menjadi kendala dan dikeluhkan warga. 

"Setiap kita turun ke daerah-daerah, dapat masukan agar ada perbankan syariah. Satu-satunya yang memungkinkan saat ini ya tentu hanya Bank Kalbar Syariah," ucap Susanto.

Selain itu  berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/10/PBI/2009, seluruh UUS sudah harus menjadi BUS pada tahun 2023. 

"Karena peraturan BI pun mewajibkan untuk spin off maka momentum yang tepat pada tahun 2020.. kebetulan tidak lama lagi akan dilangsungkan RUPS," imbuh Susanto.

LDII Kalbar Siap Berkontribusi Siapkan SDM Profesional dan Religius

Untuk persyaratan kecukupan modal sebagai BUS tambah Susanto, dirasa tidak kendala. 

"Bank Kalbar ini milik daerah jadi untuk memenuhi syarat kecukupan modal tinggal meminta tambahan penyertaan modal dari pemda.  14 pemda kabupaten/kota plus satu pemprov  saya yakin mendukung, karena ini untuk rakyat Kalbar juga," tegas Susanto.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved