Sertijab Camat Sungai Tebelian, Yasser: Handphone Jangan Dimatikan

Bernhad Saragih posisinya digantikan oleu Ramli Andoi sebagai Camat Sungai Tebelian.

Istimewa/dok. Anwar
Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat menandatangani berita acara sertijab Camat Sungai Tebelian 

SINTANG - Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat menghadiri acara serah terima jabatan Camat Sungai Tebelian.

Bernhad Saragih posisinya digantikan oleu Ramli Andoi sebagai Camat Sungai Tebelian.

Sementara Bernhad naik jabatan menjadi Kepala BPBD Kabupaten Sintang.

Menurut Yasser secara khusus jabatan administrator Camat punya kekhasan tersendiri. Karena pada saat rencana adanya penghapusan jabatan struktural esselon III oleh Kementrian PAN-RB, yang paling aman pertama itu adalah jabatan Camat yang jabatan esselon III yang tidak dihapus.

"Itu artinya kedudukan camat sangatlah penting. Sehingga yang paling aman pertama adalah camat. Waktu itu yang lain sudah siap hengkang. Kepala bagian bakal dihilangkan, sekretaris dihilangkan waktu surat edaran pertama. Tapi sekarang berubah lagi, ternyata nda jadi. Namun ada beberapa saja yang di hapus,"jelas Yasser.

Yasser Arafat: Peringatan Hari Jad Kota Sintang ke-657 Dirancang Hadirkan Banyak Kaum Millenial

Selain punya khasan tersendiri dalam hal jabatan, kata Yasser Camat itu mempunyai wilayah kerja dan dibatasi oleh wilayah kerja serta mempunyai fungsi koordinasi.

Karena itulah di dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 Camat adalah ketua Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan atau Forkopimcam.

Camat juga berbeda dengan jabatan lainnya, dimana selain menjalankan tugas-tugas atributif, juga menjalankan tugas-tugas delegatif atau menerima pelimpahan, bukan hanya dari Bupati bahkan dari Presiden bisa camat menerima pelimpahan kewenangan terutama penyelenggaraan pemerintahan umum.

"Waktu saya masih jadi kepala bagian tata pemerintahan setda sintang yang juga sekaligus mitra kerja camat-camat, dari laporan-laporan yang masuk, salah satu kecamatan yang paling tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan adalah Kecamatan Sungai Tebelian. Laporan-laporan tertib nda pernah telat," puji Yasser

Untuk itulah Yasser meminta Camat yang baru untuk segera bergerak kerja, segera lakukan konsolidasi baik diinternal maupun eksternal. Karena tugas nasional sudah di depan mata yakni Pilkada serentak dan pilkades nantinya.

Camat yang baru juga didorong membuka ruang dialog dan komunikasi dengan seluruh komponen yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian.

"Apalagi pesan pak bupati kemarin waktu pelantikan, handphone terutama WhatsApp itu jangan tidak aktif, siapapun yang minta konsultasi, arahan, atau memberikan masukan dan hal lainya, dibalas. Jangan didiamkan," pinta Yaser.

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved