Pemkab Sanggau Lakukan Kaji Tiru Penerapan Tanda Tangan Elektronik di Diskominfo Pontianak

Agar pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan dengan cepat, maksimal dan dalam kondisi apapun

Pemkab Sanggau Lakukan Kaji Tiru Penerapan Tanda Tangan Elektronik di Diskominfo Pontianak
TRIBUN PONTIANAK/ Diskominfo Sanggau.
Kepala Dinas Kominfo Kota Pontianak, Uray Indra Mulya saat foto bersama dengan pejabat dari Pemkab Sanggau di┬áruang pontive center Diskominfo Kota Pontianak, Senin (13/1/2020). 

SANGGAU - Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau kaji tiru penerapan tanda tangan elektronik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, yang dilaksanakan di ruang pontive center Diskominfo Kota Pontianak, Senin (13/1/2020).

Kegiatan dibuka dengan penjelasan dari Kepala Dinas Kominfo Kota Pontianak, Uray Indra Mulya  tentang integrasi aplikasi dan berbagi pakai aplikasi.

“Perlu adanya MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dan Wali Kota Pontianak. Setelah itu maka dilaksanakannya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta perlu adanya diskusi dan jika diperlukan magang, maka kami siap membantu,”kata Kadis Kominfo Kota Pontianak, Uray Indra Mulya.

FOTO: Rangkaian Acara Wahana Visi Indonesia di Pontianak

Kepala Bidang Pelayanan Elektronik dan Telematika Dinas Kominfo Kota Pontianak, Syamsul Akbar juga menjelaskan dan memperkenalkan aplikasi Jepin (Jendela Pontianak Integrasi).

“Aplikasi Jepin ini berisi aplikasi dan layanan online dengan konsep satu gapura (Single portal), berdasarkan enam pilar smart city Pontianak, didalam pilar ini di kategorisasikan lagi seperti smart government, smart branding, smart environment, smart living dan smart economy serta smart society,”jelas Uray Indra Mulya.

Kepala Seksi Pengolahan Informasi dan Persandian Dinas Kominfo Kota Pontianak, Henny Irawati menambahkan bahwa sebelum penerapan tanda tangan digital sebaiknya melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan untuk disesuaikan dengan aturan daerah yang berlaku. 

Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Sanggau, H Joni Irwanto mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau akan mengadopsi sistem yang ada di Pemerintah Kota Pontianak.

Resmi Menjabat Kepala DPPKP, Sabirin Siap Mengemban Tugas Yang Diberikan

“Nantinya akan menyesuaikan dengan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) dari SKPD terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Moda dan PTSP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga meminta dukungan dari pemerintah kota,” ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Yulia Theresia menambahkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau akan menindaklanjuti pertemuan yang dilakukan pada hari ini dan akan membentuk tim guna percepatan realisasi penggunaan tanda tangan elektronik.

"Agar pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan dengan cepat, maksimal dan dalam kondisi apapun. Misalnya, ketika pejabat penandatangan sedang berada diluar atau tidak ada di tempat,"ujarnya.

Hadir jug Kepala BKPSDM Sanggau, Herkulanus, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sanggau, Alipius, Sekdis Dukcapil Sanggau, Niriu dan undangan lainya. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak
 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved