Penanggulangan Bencana, Polres Landak Gelar Rakor Lintas Sektoral

Kapolres menjelaskan bahwa Kabupaten Landak berada dalam posisi yang rawan terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

Penanggulangan Bencana, Polres Landak Gelar Rakor Lintas Sektoral
Tribunpontianak.co.id/Alfon Pardosi
Rapat lintas sektor penanggulangan bencana 

LANDAK - Polres Landak melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Landak pada Senin (13/1/2020).

Rakor yang dilaksanakan di ruang BKPM Polres Landak ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan SIK.

Ia mengatakan, siklus penanggulangan bencana perlu dilakukan secara utuh.

Dimulai dengan mengupayakan kesiapsiagaan dini, hingga melaksanakan patroli dan sambang kepada masyarakat guna pengurangan resiko bencana.

Kapolres Landak Tekankan Anggotanya Laksanakan Penghijauan

Kapolres menjelaskan bahwa Kabupaten Landak berada dalam posisi yang rawan terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

Saat ini, Polres Landak sendiri sedang melaksanakan operasi Aman Nusa, yakni mengenai penanganan bencana alam. Selain itu Polres Landak juga sudah membentuk Satgas guna menanggulangi apabila terjadi bencana alam.

Satgas tersebut meliputi Satgas SAR, Satgas Pengungsian dan Perlindungan, Satgas Dokes (Kesehatan), Satgas Lidik, dan Satgas Ban Ops.

Melihat potensi bencana yang dapat terjadi di Kabupaten Landak, Kapolres Landak mengatakan perlu adanya dilakukannya persamaan persepsi.

Dalam hal penanganan bencana alam melalui peningkatan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi program kegiatan antara Polres Landak baik dengan BPBD serta semua pihak.

Baik organisasi perangkat daerah, lintas sektor, mau pun dunia usaha dan masyarakat. Serta perlu dilakukan secara berkesinambungan, sehingga tercipta upaya penanggulangan yang proporsional antara preventif dan responsive.

"Oleh karena itu penting bagi Polres Landak dalam melaksanakan Operasi Kewilayahan dengan Sandi Aman Nusa ini untuk melakukan rapat koordinasi antara BPBD, dan lintas sektor maupun pihak swasta dan masyarakat. Sehingga mempunyai manfaat yang besar dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana," jelas Kapolres.

Kabag Ops Polres Landak Kompol Asmadi yang diwakili Oleh Paur Humas Polres Landak Ipda Sulianto menambahkan, Rapat Koordinasi ini dilaksanakan untuk mewujudkan sinergitas perencanaan antara Polres Landak dengan instansi terkait lintas sektor.

"Sehingga dapat tercipta sistem penanggulangan bencana yang tangguh, teruji dan professional dalam melaksanakan penanggulangan bencana," tutupnya.

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved