Peringatan Dini BMKG

Peringatan Dini Cuaca di Kalbar, Bakal Terjadi Musim Kemarau Mulai April atau Mei

Di kesempatan itu, Ihsan pun menginformasikan tinggi pasang laut maksimum di wilayah Kalimantan Barat hanya berkisar 1,6-1,7 meter.

Peringatan Dini Cuaca di Kalbar, Bakal Terjadi Musim Kemarau Mulai April atau Mei
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Kepala BMKG Ketapang Kelas III Rahadi Oesman, Aqil Ihsan. 

KAYONG UTARA - Kepala BMKG Stasiun Metereologi Kelas III Ketapang, Aqil Ihsan memprediksi musim kemarau akan tiba di bulan April atau Mei tahun ini.

Menurut Ihsan, penetapan status musim kemarau biasanya akan dilakukan BMKG pusat melalui rapat nasional yang dilaksanakan di penghujung musim hujan.

"Kalau sekarang kan masih masuk musim penghujan, jadi biasanya penetapan awal musim kemarau itu di bulan April atau Mei," kata Ihsan di Sukadana, Rabu (8/1/2020).

Peringatan Dini BMKG- Waspada Cuaca Ekstrem Landa Kalbar, Hujan Deras dan Petir Efek Cold Surge  

Di kesempatan itu, Ihsan pun menginformasikan tinggi pasang laut maksimum di wilayah Kalimantan Barat hanya berkisar 1,6-1,7 meter.

"Dan pasang surut air laut, ya seperti yang kita ketahui itu ya berlangsung secara periodik, karena dia berkaitan dengan gravitasi bulan itu tadi," papar Ihsan.

Cuaca Ekstrem

Hujan ekstrem akan melanda wilayah Kalbar dipicu fenomena alam cold surge atau seruak dingin yang masuk melalui Laut Cina Selatan (LCS) dan akhirnya berlabuh di Samudera Pasifik.

“11 hingga 15 Januari 2020 diprakirakan pergerakannya masuk ke Kalimantan Barat. Ini terus bergerak ke arah Timur melewati bagian Selatan lalu ke Kalimantan bagian Timur, akhirnya mampir di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Gedung BPPT 2, Jakarta Pusat, Jumat (3/1) sore.

Cold surge ini merupakan aliran udara dingin yang berasal dari daratan Asia kemudian menjalar memasuki wilayah Indonesia bagian Barat.

Ia kemudian menambahkan bahwa fenomena ini biasa terjadi saat Asia memasuki musim dingin, yakni di wilayah Cina atau dataran Tibet serta Hong Kong.

Halaman
12
Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved