Dirawat Cucunya Seorang Diri Kondisi Kesehatan Nenek Halipah Memprihatinkan, Sulit Bergerak!

Saat diajak berkomunikasi juga cenderung sulit, bahkan kata Pandu untuk aktivitas sehari-hari seperti mandi dan lain

Dirawat Cucunya Seorang Diri Kondisi Kesehatan Nenek Halipah Memprihatinkan, Sulit Bergerak!
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Hamdan Darsani
Petugas Puskesmas Perum II saat memeriksa kesehatan Nenek Halipah di kediamanya. Senin (6/1/2020) 

PONTIANAK - Kepala Puskesmas Perum II Pandu Wibowo mengatakan Nenek Halipah yang tinggal bersama dengan cucunya Andika Pratama atau Ari (17) merupakan pasien yang sering melakukan rawat jalan di Puskesmas.

Pada Senin (6/1/2020) pagi pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan nenek Halipah di kediamanya, di Kelurahan Sungai Beliung, Pontianak Barat.

"Tadi pagi kita dari puskesmas mengecek kesehatan nenek Halipah. Dokter kami turun dan perawat. Kita lakukan kegiatan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas)," ujarnya.

Dirinya memaparkan berdasarkan pemeriksaan medis, bahwa kondisi kesehatan Halipah memang mengalami penurunan kesehatan lantaran usia yang juga sudah lanjut.

"Berdasarkan keterangan dari yang menjaga baik dari cucunya maupun tetangganya, beberapa bulan terakhir kondisi nenek Halipah memang kondisinya menurun," ujarnya.

Saat diajak berkomunikasi juga cenderung sulit, bahkan kata Pandu untuk aktivitas sehari-hari seperti mandi dan lain sebagainya juga sudah dibantu.

Ia menerangkan hasil pemeriksaan dokter bahwa Halipah juga bermasalah dengan pergerakan anggota tubuh.

"Sistem motoriknya agak terganggu. Jadi agak ada kemungkinan resiko strok ringan. Tadi tensinya cukup tinggi yakni sekitar 200mmHg," ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, setelah di cek bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, pihaknya mengarahkan agar bisa dibawa ke RSUD Kota Pontianak.

"Tadi kita sudah buat rujukan ke rumah sakit kota. Sebelumnya kita juga berikan obat untuk hari ini. Besok katanya dari pihak keluarga akan berembuk untuk membawa nenek halipah ke rumah sakit," ujarnya. 

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved